PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN AL HIDAYAH KOTA CIREBON

Mochamad Sigit Sulaksana, (2023) PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN AL HIDAYAH KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908109056_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109056_2_bab1.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109056_6_bab5.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109056_7_dafpus.pdf

Download (433kB) | Preview

Abstract

Pelayanan pendidikan dalam sistem informasi manajemen sangat banyak membantu kepala sekolah dalam proses pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem informasi manajemen, pelayanan pendidikan melalui website, hambatan dan solusi pada penerapan sistem informasi manajemen untuk meningkatkan pelayanan pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Al Hidayah Kota Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dari penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala kurikulum, pengelola operator, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Adapun analisis datanya dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, secara umum Sekolah Menengah Kejuruan Al Hidayah Kota Cirebon belum dikatakan baik, dilihat dari segi proses kegiatan pelayanan yang terus-menerus dalam tahap perbaikan, dengan terus memperkuat pelayanan yang diberikan sekolah melalui website, hambatan dan solusi pada penerapan sistem informasi manajemen untuk meningkatkan pelayanan pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Al Hidayah Kota Cirebon ini yaitu keterbatasan kompetensi tenaga pengelola website. Solusinya yaitu pihak sekolah memberikan solusi melalui musyawarah rapat tahunan, kemudian tenaga pengelola Teknik Komputer Jaringan (TKJ) di sekolah tersebut otomatis harus menguasai ilmu tentang Software/Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), supaya sistem informasi manajemen di sekolah tersebut bisa berjalan lebih baik dan pastinya sekolah tersebut dapat memberikan pelayanan dengan lebih baik lagi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 13 Nov 2023 06:29
Last Modified: 13 Nov 2023 06:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11780

Actions (login required)

View Item View Item