RAGAM BAHASA TAWAR-MENAWAR DALAM PROSES JUAL BELI DI PASAR SABRANG KULON, DESA LOSARI KIDUL, KECAMATAN LOSARI, KABUPATEN CIREBON (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK)

Maryam, (2023) RAGAM BAHASA TAWAR-MENAWAR DALAM PROSES JUAL BELI DI PASAR SABRANG KULON, DESA LOSARI KIDUL, KECAMATAN LOSARI, KABUPATEN CIREBON (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK). Bachelor thesis, S1-tadris BAHASA INDONESIA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808110042_1_cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808110042_2_bab1.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808110042_6_bab5.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808110042_7_dafpus.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi Kurangnya pemahaman dalam mengajukan tawar-menawar untuk mencapai keuntungan kedua belah pihak dalam proses jual beli, pedagang dan pembeli menggunakan bahasa informal yang termasuk ke ragam akrab dan santai. Alasan peneliti mengambil judul ini yang pertama karena permasalahan yang diteliti terdapat di Pasar Sabrang Kulon seperti ragam bahasa dan faktornya. Kedua karena permasalahan yang diteliti ini lebih menonjol terdapat di lokasi Pasar Sabrang Kulon, memang di lokasi pasar sabrang wetan terdapat permasalahan yang sama namun di Pasar Sabrang Kulon yang lebih menonjol permasalahannya, sehingga di penelitian ini, peneliti ingin meneliti kenapa permasalahan ragam bahasa dalam proses tawar-menawar lebih menonjol di lokasi Pasar Sabrang Kulon Ketiga karena di Pasar Sabrang Kulon merupakan tempat terjadinya hubungan sosial antar masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber Data yang digunakan adalah tuturan pedagang di Pasar yang menimbulkan ragam bahasa. Teknik pengumpulan data menggunakkan metode simak teknik dasar sadap, teknik simak libat cakap (SLC) dan teknik simak bebas libat cakap (SBLC) Teknik analisis data yang digunakan adalah metode padan daya pilah pragmatis. Instrumen pengumpulan data menggunakan kartu data. Berdasarkan penelitian tersebut menghasilkan Ragam bahasa pada tawar-menawar di Pasar Sabrang Kulon Terdapat dua ragam bahasa, yaitu ragam bahasa santai dan ragam bahas akrab. Pada rumusan masalah kedua, setelah penelitian analisis faktor yang mempengaruhi ragam bahasa tawar-menawar di Pasar Sabrang Kulon Ada 5 faktor yaitu diantaranya 1) faktor tingkat pendidikan, 2) faktor usia, 3) jenis kelamin, 4) jabatan/profesi dan 5) bidang yang ditekuni.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 13 Nov 2023 06:24
Last Modified: 13 Nov 2023 06:24
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11812

Actions (login required)

View Item View Item