ANALISIS OPTIMALISASI PETANI KOPI DALAM PENGOLAHAN KOPI SECARA MODERN DAN TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN HARGA JUAL KOPI DI DESA LEMAHPUTIH KECAMATAN LEMAHSUGIH

TRI PUTRA OLASARI, (2023) ANALISIS OPTIMALISASI PETANI KOPI DALAM PENGOLAHAN KOPI SECARA MODERN DAN TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN HARGA JUAL KOPI DI DESA LEMAHPUTIH KECAMATAN LEMAHSUGIH. Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1908204019_1_cover.pdf

Download (827kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204019_2_bab1.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204019_6_bab5.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204019_7_dafpus.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

TRI PUTRA OLASARI. NIM 1908204019, “ANALISIS OPTIMALISASI PETANI KOPI DALAM PENGOLAHAN KOPI SECARA MODERN DAN TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN HARGA JUAL KOPI DI DESA LEMAHPUTIH KECAMATAN LEMAHSUGIH” Berdasarkan latar belakang kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Cita rasa kopi tercipta dari biji kopi yang berkualitas, dengan pengolahan yang baik dapat meningkatkan harga jual kopi di Indonesia bahkan di luar negri. Dalam perekonomian, pasar berperan sangat penting khususnya dalam sistem ekonomi bebas/liberal. Pasarlah yang berperan untuk mempertemukan produsen (yang memproduksi dan menawarkan barang) dan konsumen (yang menentukan jumlah dan jenis barang/komoditas yang dikehendakinya). Konsumen sangat menentukan kedudukan pasar, sebab konsumenlah yang berperan untuk menentukan lalu lintas barang dan jasa. Dengan berdasarkan latar belakang penelitian ini terdapat 3 rumusan masalah, yaitu: a. Bagaimana Optimalisasi Petani Kopi dalam pengolahan kopi secara Modern dan tradisional di Desa Lemahputih? b. Bagaimana Pengolahan Kopi oleh petani kopi bisa meningkatkan kualitas harga jual kopi di Desa Lemahputih? c. Bagaimana Peningkatan harga jual kopi dalam perspektif ekonomi syariah?. Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui bagaiamana pengolahan kopi secara modern dan tradisional dapat meningkatkan harga jual kopi di Desa Lemaputih. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan Penelitian lapangan dan Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa optimalisasi pengolahan kopi yang di olah secara modern dan tradisional untuk mendapatkan kualitas yang baik dengan cara pengolahan kopi yang diolah secara modern menjaga kualitas produksi dan pemasaran secara online ataupun secara langsung biasanya untuk dijual hasil kopinya memasok ke cafe-cafe, namun untuk kopi yang di olah secara tradisional fokus pada perawatan penanaman kopi dengan maksimal dan menjaga kepercayaan pelanggan penjualannya lebih mamasok ke tengkulak. Dan peningkatan harga jual kopi dalam perspektif ekonomi syariah sudah sesuai dengan perspektif ekonomi islam, karena penetapan harga itu tergantung atau diserahkan kepada mekanisme pasar yang berjalan secara alamiah. Dalam hal ini penetapan harga dalam islam dapat dirujuk kepada hadis Rasulullah saw yang disampaikan oleh Anas RA. Jadi peningkatan harga yang ada di desa lemahputih itu boleh, karena harga itu di serahkan kepada pasar. Kata Kunci: Optimalisasi, Kopi, Modern, dan Tradisional.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 01 Sep 2023 02:35
Last Modified: 10 Jan 2024 04:41
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11819

Actions (login required)

View Item View Item