ANALISIS NILAI MORAL PADA NOVEL LAYANGAN PUTUS KARYA MOMMY ASF MELALUI PENDEKATAN PRAGMATIK DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI VIDEO PEMBELAJARAN NOVEL DI KELAS XII SMA

RISKA LAELATUS SOFIYAH, (2023) ANALISIS NILAI MORAL PADA NOVEL LAYANGAN PUTUS KARYA MOMMY ASF MELALUI PENDEKATAN PRAGMATIK DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI VIDEO PEMBELAJARAN NOVEL DI KELAS XII SMA. Bachelor thesis, S1-tadris BAHASA INDONESIA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908110111_1_cover.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110111_2_bab1.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110111_6_bab5.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110111_7_dafpus.pdf

Download (293kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena minimnya nilai moral yang ada pada diri siswa paling utama pada umur remaja (SMA) menjadi sebab penting untuk dirapikan. Pada masa remaja umumnya pelajar mengalami krisis jati diri seperti mempertanyakan kepercayaan terhadap tuhannya, nilai hidup, haluan hidup, pengalaman serta perasaan, hal demikian umum dirasakan oleh remaja yang melakukan pencarian jati dirinya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis nilai moral yang terdapat pada novel Layangan Putus karya Mommy ASF menggunakan pendekatan pragmatik serta pemanfaatannya sebagai video pembelajaran novel di kelas XII SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan pragmatik. Sumber data pada penelitian ini berupa novel Layangan Putus karya Mommy ASF. Untuk datanya yaitu berupa kata atau kalimat yang mengandung nilai moral pada novel. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik simak dan catat. Untuk instrumen penelitian ini menggunakan kartu data. Dalam memperoleh keakuratan dalam penelitian, peneliti menggunakan teknik triangulasi teori, sumber, dan metode. Teknik analisis data secara umum yang akan digunakan ialah deskriptif naratif dengan menggunakan model Milles and Huberman. Kegiatan dalam analisis data, ialah data reduction, data display dan conclusion/ drawing/verificatio. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa novel Layangan Putus karya Mommy ASF mengandung nilai moral. Nilai moral yang terkandung antara lain nilai moral hubungan manusia dengan Tuhan, nilai moral hubungan manusia dengan orang lain (sosial), dan nilai moral hubungan manusia dengan diri sendiri (individu). Semua analisis mengenai nilai moral yang terdapat pada novel Layangan Putus karya Mommy ASF ditemukan 60 data meliputi hubungan manusia dengan Tuhan sebanyak 20 data, hubungan manusia dengan orang lain (sosial) sebanyak 24 data, dan hubungan manusia dengan diri sendiri individu sebanyak 16 data. Berdasarkan hasil analisis tersebut ada keterkaitan dengan materi pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XII SMA/SMK/MA. Maka dari itu, nilai moral yang terkandung pada novel dimanfaatkan sebagai video pembelajaran novel di kelas XII SMA/SMK/MA. Hasil akhir dari validasi video menyatakan penilaian validasi ahli dapat dikatakan layak untuk digunakan. Nilai akhir yang diperoleh dari validasi ahli yaitu 81,7%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 01 Sep 2023 07:38
Last Modified: 01 Sep 2023 07:38
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11852

Actions (login required)

View Item View Item