Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Madrasah Dalam Membangun Iklim Kerja Sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalitas Guru MTS Nurul Fata di Kabupaten Purwakarta

Luthfi Tazkiyatul Anwariah, (2022) Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Madrasah Dalam Membangun Iklim Kerja Sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalitas Guru MTS Nurul Fata di Kabupaten Purwakarta. Masters thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAPUS.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Madrasah merupakan suatu organisasi pendidikan yang memerlukan pengelolaan secara kooperatif. Keberhasilan sebuah madrasah setidaknya dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan. Gaya kepemimpinan seorang kepala madrasah harus mampu mempengaruhi anggotanya terutama dalam membangun iklim kerja guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk; 1) Menjelaskan gaya kepemimpinan situasional kepala Madrasah Tsanawiyah Nurul Fata, 2) Menganalisis bagaimana iklim kerja di lingkungan Madrasah Tsanawiyah Nurul Fata serta 3) Menemukan kontribusi gaya kepemimpinan situasional kepala madrasah dalam membangun iklim kerja sebagai upaya meningkatkan profesionalitas guru Madrasah Tsanawiyah Nurul Fata. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi dalam Ilmu Manajemen Pendidikan terutama mengenai konsep kepemimpinan dan memberikan kontribusi pemikiran terkait dengan gaya kepemimpinan situasional kepala madrasah dalam membangun iklim kerja guru. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala Madrasah Tsanawiyah Nurul Fata menerapkan gaya kepemimpinan situasional yang dilakukan melalui pendekatan instruktif (telling) terkait dengan peningkatan kedisiplinan serta proses pembelajaran. Melalui pendekatan konsultatif (selling) kepala madrasah memberikan bimbingan, pengarahan, motivasi terhadap tugas guru dan penyelesaian masalah. Melalui pendekatan partisipatif (participating) kepala madrasah mendorong serta mendukung anggotanya untuk berpartisipasi aktif terhadap pengambilan keputusan serta pelaksanaanya yang menyangkut tugas masing-masing. Dan pendekatan delegatif (delegating) dilakukan kepala madrasah untuk meningkatkan tanggung jawab serta efektifitas pekerjaan. Iklim kerja di lingkungan Madrasah Tsanawiyah Nurul Fata merupakan iklim kerja terbuka (open climate). Hal tersebut tergambar pada rasa hormat, kepercayaan dan memberikan peluang kepada guru dalam memanajemen madrasah dan peserta didik untuk terlibat secara kooperatif antara satu sama lain. Adapun kontribusi gaya kepemimpinan situasional dalam membangun iklim kerja sebagai upaya meningkatkan profesionalitas guru tergambar melalui indikator kemampuan (ability) serta kemauan (willingness) kepala madrasah dalam menentukan peran guru serta melibatkan para guru dalam program-program madrasah. Kepala madrasah bertindak sebagai inisiator dan motivator dalam mencapai keberhasilan tugas anggotanya. Kata kunci: Gaya kepemimpinan situasional, iklim kerja, profesionalitas guru.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 22 Jan 2024 03:52
Last Modified: 20 Feb 2024 07:05
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12127

Actions (login required)

View Item View Item