Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pengelolaan Kelas Untuk Membentuk Disiplin Belajar Siswa di MTs NU Putra 2 Buntet Pesantren Cirebon

Mohammad Fikri Rafsanjani, (2021) Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pengelolaan Kelas Untuk Membentuk Disiplin Belajar Siswa di MTs NU Putra 2 Buntet Pesantren Cirebon. Masters thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.

[img] Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (231kB)

Abstract

Salah satu kompetensi yang wajib dimiliki oleh seorang guru adalah kompetensi pedagogik yaitu kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Kemampuan tersebut seharusnya dapat menghasilkan proses pembelajaran yang berkualitas dan kondusif. Namun perilaku siswa yang terjadi di madrasah ini berupa terlambat datang, mengabaikan tugas saat proses pembelajaran berlangsung dan berbagai bentuk tindakan kurang disiplin. Hal ini faktor dari kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran di kelas kurang optimal dan belum dapat mengendalikan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan kompetensi pedagogik guru dalam pengelolaan kelas di MTs Nahdlatul Ulama Putra 2 Buntet Pesantren, untuk mendeskripsikan relasi kompetensi pedagogik dan kedisiplinan siswa dalam pembelajaran di MTs Nahdlatul Ulama Putra 2 Buntet Pesantren, dan untuk menjelaskan faktor penghambat dan solusinya guru dalam pengelolaan kelas dan disiplin belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menerapkan metode deskriptif yang berpijak pada tehnik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi serta tahapan analisis data dengan menerapkan tehnik reduksi, penyajian dan verifikasi data, serta penarikan kesimpulan. Peneliti dengan teknik pengumpulan data tersebut melakukan wawancara dengan tiga orang guru di MTs Nahdlatul Ulama Putra 2 Buntet Pesantren disertai melakukan kegiatan observasi secara seksama proses pembelajaran yang difokuskan pada relasi kompetensi pedagogik guru dengan pengelolaan kelas dan disiplin belajar siswa yang didukung dengan upaya menelaah dokumen yang dimilikinya. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan kompetensi pedagogik guru dalam pengelolaan kelas cukup baik karena guru mampu merencanakan pembelajaran di kelas tetapi belum dapat dikembangkan, pelaksanaan pembelajaran yang kurang menyenangkan, penggunaan strategi yang kurang tepat dan metode pembelajaran yang kurang bervariasi. Semuanya itu berimplikasi terhadap sikap disiplin belajar siswa, sehingga guru diharapkan konsistensi dalam mengelola kelas, memiliki daya kreaktifitas yang baik, berinovasi di dalam kelas dan memiliki kepedulian terhadap siswa. Kata Kunci : Kompetensi pedagogik guru, pengelolaan kelas, disiplin belajar siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 22 Jan 2024 06:40
Last Modified: 27 May 2024 02:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12143

Actions (login required)

View Item View Item