Implementasi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Profesionalitas Kinerja Guru PAI di SMP IT Ishlahul Muta'allimin Arjawinangun Cirebon

Abu Nasir, (2021) Implementasi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Profesionalitas Kinerja Guru PAI di SMP IT Ishlahul Muta'allimin Arjawinangun Cirebon. Bachelor thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAPUS.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ABU NASIR “Implementasi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Profesionalitas Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam di SMP IT Ishlahul Muta’allimin Arjawinangun” Penelitian ini dilatarbelakangi observasi terdapat masalah-masalah mendasar yang muncul di SMP IT Ishlahul Muta’allimin Arjawinangun Cirebon, dampak dari pandemik covid adalah dengan melemahnya kinerja guru dengan adanya gejala-gejala guru yang terlambat masuk kerja dan masuk kelas sehingga persiapan mengajarnya kurang lengkap. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam pembinaan profesionalitas dan kinerja guru pendidikan agama Islam di SMP IT Ishlahul Muta’allimin Arjawinangun Cirebon serta mendeskripsikan kompetensi guru pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, bertempat di SMP IT Ishlahul Muta’allimin Arjawinangun Cirebon yang dilaksanakan pada bulan September sampai Desember 2020. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru pendidikan agama Islam, sedangkan informan adalah guru dan staf. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data dengan cara interaktif yang dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data lalu penyajian data serta penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam pembinaan profesionalitas kinerja guru pendidikan agama Islam lebih cenderung dengan menerapkan gaya kepemimpinan demokratis, dalam pembinaan profesionalitas guru pendidikan agama Islam kepala sekolah memberikan arahan, motivasi, pelatihan-pelatihan dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan pengetahuannya melalui wadah Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP PAI) mengikuti pelatihan yang dilaksanakan oleh dinas pendidikan ataupun kantor kementerian agama, serta memberikan kesempatan kepada guru untuk melanjutkan pendidikan ke Strata 2 (S2). Kompetensi guru pendidikan agama Islam di SMP IT Ishlahul Muta’allimin Arjawinangun Cirebon: 1) kompetensi pedagogik: menguasai karakteristik peserta didik. 2) kompetensi professional yang memahami materi ajar yang ada dalam kurikulum. 3) kompetensi kepribadian yang memiliki kepribadian mantap dan kompetensi sosial, bersifat inklusif artinya tidak membeda-bedakan, berkomunikasi secara efektif empirik dan santun. Kata kunci: Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesionalitas Guru, Kinerja Guru

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 23 Jan 2024 01:13
Last Modified: 20 Feb 2024 08:33
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12201

Actions (login required)

View Item View Item