Implementasi Kursus Calon Pengantin (SUSCATIN) BP4 dalam Upaya Mewujudkan Keluarga Sakinah di Kantor Urusan Agama (KUA)Kecamatan Arjawinangun

Alauddin Al-Fatah, (2016) Implementasi Kursus Calon Pengantin (SUSCATIN) BP4 dalam Upaya Mewujudkan Keluarga Sakinah di Kantor Urusan Agama (KUA)Kecamatan Arjawinangun. Masters thesis, S-2 Perdata Islam.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.BAB I.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.BAB V.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : Alauddin Al Fatah Judul : IMPLEMENTASI KURSUS CALON PENGANTIN (SUSCATIN) BP4 DALAM UPAYA MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH DI KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) KECAMATAN ARJAWINANGUN Kursus Calon Pengantin (Suscatin) merupakan upaya Kementerian Agama dan BP4 untuk memberikan pembinaan terhadap Calon Pengantin dalam upaya mewujudkan keluarga sakinah. Setiap keluarga berharap dalam membina rumah tangganya mendapatkan kebahagiaan, namun tidak selamanya keluarga itu harmonis, terkadang ada badai dan ombak yang siap menghadang. Dengan adanya Suscatin diharapkan setiap pasangan mempunyai bekal dan dapat menyelesaikan masalahnya serta dapat meminimalisir tingkat perceraian. Uraian di atas merupakan latar belakang dalam penyusunan tesis ini, sehingga penulis meneliti tentang Bagaimana Kursus Calon Pengantin (Suscatin) di KUA Kec. Arjawinagun? Mengapa sosialisasi BP4 mengalami hambatan dalam upaya mewujudkan keluarga sakinah? Mengapa Kursus Calon Pengantin (Suscatin) harus dilakukan? Tujuan dari penulisan tesis ini adalah untuk mengungkapkan tugas yang diakukan oleh BP4 dalam menyelenggarakan Kursus Calon Pengantin (Suscatin) dan mengungkapkan hambatan-hambatan yang dialami BP4 dalam implementasi Suscatin, serta mengungkapkan alasan-alasan BP4 mengapa Suscatin itu harus diadakan di KUA Kecamatan Arjawinangun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan paradigma kualitatif dengan pendekatan sosiologis. Dalam pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara (interview), dan dokumentasi. Dalam menentukan informan, peneliti menggunakan purpose random sampling. Sebagai penunjang data, peneliti juga menggunakan dokumentasi dalam memperoleh berbagai sumber, sehingga dalam penelitian ini diharapkan sesuai dengan tujuan yang dinginkan. Implementasi Kursus Calon Pengantin (Suscatin) merupakan upaya BP4 dalam mewududkan keluarga sakinah di KUA Kecamatan Arjawinangun. Akan tetapi dalam prakteknya mengalami berbagai hambatan. Hambatan tersebut disebabkan karena faktor pendidikan yang sangat rendah, faktor kesibukan dan faktor jauhnya jarak tempuh. Meski demikian, pihak BP4 tetap berupaya mensosialisasikan Suscatin dan memberikan undangan setiap Calon Pengantin untuk hadir dalam pembinanaan tersebut. Suscatin dilakukan karena berbagai faktor sepertihalnya meningkatnya perceraian, maraknya perselingkuhan, banyaknya pengaduan masyarakat tentang masalah rumah tangga, dan ketidaktahuan masyarakat Arjawinangu tentang hak dan kewjiban sebagai suami istri.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Perdata Islam (Al-Ahwal Al-Syahsyiyyah)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 16 Jan 2024 07:02
Last Modified: 26 Feb 2024 02:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12270

Actions (login required)

View Item View Item