PERAN GANDA PEREMPUAN PEKERJA PABRIK DALAM PERSPEKTIF SOSIO-EKONOMI DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Kecamatan Legonkulon Kabupaten Subang)

Nurdin, (2020) PERAN GANDA PEREMPUAN PEKERJA PABRIK DALAM PERSPEKTIF SOSIO-EKONOMI DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Kecamatan Legonkulon Kabupaten Subang). Masters thesis, S-2 Hukum Keluarga Islam.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAPUS.pdf

Download (614kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurdin, NIM: 14166410013, Peran Ganda Perempuan Pekerja Pabrik Dalam Perspektif Sosio-Ekonomi dan Hukum Islam (Studi Kasus di Kecamatan Legonkulon Kabupaten Subang. Penelitian ini berisi penelitian lapangan tentang studi kasus peran ganda perempuan pekerja pabrik di Kecamatan Legonkulon Kabupaten Subang. Sumber utama yang penulis gunakan adalah data-data yang dihasilkan dari keterangan para perempuan pekerja pabrik dan suaminya, serta pendapat mereka menyikapi hal tersebut. Penelitian ini bertujuan (a) mengungkapkan faktor yang melatarbelakangi perempuan yang telah berkeluarga bekerja sebagai buruh pabrik; (b) mengkaji dan mendeskripsikan peran ganda perempuan pekerja pabrik dan dampak yang ditimbulkan dalam perspektif sosio-ekonomi; (c) mendeskripsikan peran ganda perempuan yang terjadi di Kecamatan Legonkulon Kabupaten Subang ditinjau dari perspektif hukum Islam. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Analisis data yang digunakan fenomenologi. Sedang metode yang digunakan, yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan metode analisis data. Sedangkan tujuannya untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa para perempuan tersebut bekerja sebagai buruh pabrik, karena berbagai faktor. Alasan yang paling banyak adalah karena kurangnya penghasilan suami yang memotivasi istri untuk membantu mencari nafkah sebagai buruh pabrik, agar tercukupinya kebutuhan rumah tangga. Dan perempuan juga ingin merubah hidupnya menjadi lebih baik. Adanya peran ganda yang terjadi di Kecamatan Legonkulon membuktikan bahwa pelaksanaan hak dan kewajiban tidak terlaksana dengan baik. Fenomena peran ganda perempuan yang terjadi tersebut perlu dikaji karena masyarakat Kecamatan Legonkulon Kabupaten Subang merupakan masyarakat yang terus berkembang dengan ditunjang oleh teknologi-teknologi saat ini, yang diharapkan dengan adanya kemajuan teknologi (kemajuan zaman) tersebut, seharusnya masyarakat lebih mengerti dan memahami sisi positif dan sisi negatif tentang peran ganda pada perempuan dalam keluarga. Fenomena ini menyebabkan penyusun merasa perlu untuk mengkaji apa saja sebab-sebab yang melatarbelakangi terjadinya peran ganda permepuan pekerja pabrik dalam perspektif sosio-ekonomi dan hukum Islam. Kata Kunci: Peran Ganda; Perempuan; Sosio-Ekonomi Dan Hukum Islam

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Perdata Islam (Al-Ahwal Al-Syahsyiyyah)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 16 Jan 2024 06:41
Last Modified: 13 Feb 2024 02:40
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12279

Actions (login required)

View Item View Item