Johar Maknun, (2019) EVALUASI KEMAMPUAN AUTHENTIC ASSESSMENT CALON GURU BIOLOGI DALAM MENILAI RESEARCH SKILL BERBASIS INQUIRY LABORATORY. Project Report. LP2M IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Cirebon.
|
Text
Penelitian_November 2019.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Standar asesmen pembelajaran sains mengalami pergeseran penekanan dari “yang mudah dinilai” menjadi “yang penting untuk dinilai”. Penilaian lebih ditekankan pada pemahaman dan penalaran ilmiah. Penilaian autentik diperlukan untuk menilai kemampuan (ability) atau keterampilan (skill) meneliti dalam real life situation. Tujuan penelitian mengevaluasi kemampuan authentic assessment calon guru biologi dalam menilai research skill berbasis inquiry laboratory. Hasil evaluasi digunakan untuk meningkatkan kemampuan authentic assessment tersebut melalui program pembekalan kemampuan ber-inquiry, kemampuan menyusun authentic assessment, dan kemampuan penguasaan content mata kuliah. Metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan angket, wawancara, dan tes. Sampel diambil secara acak sederhana, mahasiswa calon guru biologi dan lulusan Tadris Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlu dilakukannya pembekalan authentic assessment calon guru biologi. Program pembekalan sangat terkait dengan aspek-aspek konten biologi, pemodelan asesmen, pengalaman latihan dan uji coba, dukungan dan penghargaan dosen, serta model/metode perkuliahan yang bervariasi. Program pembekalan dapat meningkatkan: 1) kemampuan calon guru biologi menggunakan authentic assessment dalam menilai research skill berbasis inquiry laboratory dan 2) research skill calon guru dalam perkuliahan Fisiologi Hewan
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 20 Nov 2023 03:46 |
Last Modified: | 20 Nov 2023 03:46 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12371 |
Actions (login required)
View Item |