DWI HASTUTI, (2023) Implementasi Total Quality Management (TQM) Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pelayanan Nasabah Di BSI KCP Brebes. Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.
|
Text
1908203032_1_cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
1908203032_2_bab1.pdf Download (683kB) | Preview |
|
|
Text
1908203032_6_bab5.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
1908203032_7_dafpus.pdf Download (349kB) | Preview |
Abstract
DWI HASTUTI. NIM: 1908203032, “IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN NASABAH DI BSI KCP BREBES”, 2023. Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya perkembangan zaman membuat setiap perusahaan yang bergerak di bidang jasa, dagang, dan industri mengalami persaingan yang sangat ketat sehingga memberikan banyak pilihan kepada konsumen, dimana konsumen akan mempertimbangkan biaya, nilai dan manfaat sebuah produk. Penerapan Total Quality Management (TQM) dalam dunia perbankan dapat membantu seorang manager dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat antara lembaga keuangan lainnya. Penerapan TQM mampu meciptakan perubahan positif dalam dunia perbankan terhadap karakteristik kinerja karyawan. Pelayanan sangat berpengaruh kepada tingkat kepuasan nasabah yang pada awalnya nasabah akan memberikan apa yang menjadi harapan bagi nasabah. Oleh sebab itu, akan membuat nasabah dan calon nasabah baru akan merasa puas dan loyal dengan pelayanannya sehingga semakin besar keuntungannya bagi perusahaan. Dengan sehubungan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan dan menjelaskan tentang Total quality management (TQM) dan mutu pelayanan nasabah. Permasalahan pokoknya dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana implementasi Total Quality Management (TQM) di BSI KCP BREBES., 2. Bagaimana mutu pelayanan nasabah di BSI KCP BREBES. Penelitian ini menggunakan dengan jenis penelitian pendekatan kualitatif dengan metode study kasus. Dengan penelitian menggunakan tehnik proses pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dan sekunder. Pengecekan keabsahan temuan ini dengan menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Berdasarkan temuan hasil penelitian bahwa: 1. Implementasi total quality management d BSI KCP BREBES mulai dari fokus pada nasabah, obsesi terhadap kualitas, pendekatan ilmiah, komitmen jangka panjang, perlibatan dan pemberdayaan karyawan, pelatihan dan pendidikan, perbaikan berkesinambungan, kerjasama tim, kebebasan yang terkendali, dan kesatuan tujuan. 2. Kemudian ada mutu pelayanan nasabah di BSI KCP BREBES mulai dari fasilitas/bukti fisik (tangible), kehandalan/kemampuan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan perhatian (emphaty). Bahwa BSI KCP BREBES sudah menerapkan total quality management sesuai dengan metode yang dijalnkan oleh perusahaan untuk memenuhi keinginan dan kepuasan pelanggan secara terus menerus, sehingga TQM yang ada di BSI KCP BREBES dapat dikatakan sudah terbaik dalam menjalankan metode atau konsep tersebut. Kemudian dalam mutu pelayanan nasabah yang ada di BSI KCP BREBES sudah memenuhi standar kriteria yang baik sehingga dapat memenuhi kebutuhan para nasabah. Kata Kunci: Total Quality Management, Mutu Pelayanan Nasabah, Kualitas Nasabah
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 12 Jan 2024 07:34 |
Last Modified: | 12 Jan 2024 07:34 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12391 |
Actions (login required)
View Item |