Pengaruh Revitalisasi Pasar Terhadap Kesejahteraan Pedagang Ditinjau Dari Prespektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pasar Kue Weru Cirebon)

FIKRI RIFANSYAH, (2023) Pengaruh Revitalisasi Pasar Terhadap Kesejahteraan Pedagang Ditinjau Dari Prespektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pasar Kue Weru Cirebon). Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908203168_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203168_2_bab1.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203168_6_bab5.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203168_7_dafpus.pdf

Download (257kB) | Preview

Abstract

FIKRI RIFANSYAH, 1908203168, “PENGARUH REVITALISASI PASAR TERHADAP KESEJAHTERAAN PEDAGANG DITINJAU DARI PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM”(Studi Kasus Pasar Kue Weru)”, Skripsi 2023. Dalam rangka meningkatkan pasar tradisional, pemerintah melaksanakan program revitalisasi pasar. Dimana kebangkitan pasar tradisional menjadi program yang digencarkan oleh Presiden Joko Widodo yang diharapkan pasar tradisional bisa bersaing dengan pasar modern dan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan bagi pedagang. Seperti yang diungkapkan Presiden Joko Widodo mengatakan “dibangunnya semua pasar, yang memiliki masalah seperti becek, tidak memiliki lahan parkir, beraroma tidak sedap, tidak rapi dan teratur sehingga menjadi suatu pasar yang tidak bau, tertata, bersih dan memiliki lahan parkir. Penelitian ini ditunjukan untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh Revitalisasi Pasar terhadap Kesejahteraan Pedagang di Pasar Kue Weru, dengan objek penelitiannya adalah pedagang pasar kue weru. Jenis penelitian ini yaitu dengan penelitian survey menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif. Jenis data yang digunakan yairtu data primer dengan sumber data berasal dari kuesioner dan observasi langsung lapangan. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 75dari 75 sampel. Dengan menggunakan sampel jenuh. Teknik analisis yang digunakan penelitian ini adalah uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear sederhana, uji t dan uji keofisien determinasi (R2 ), dimana semua proses pengujian tersebut menggunakan alat bantu berupa SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial variabel revitalisasi pasar berpengaruh positif terhadap kesejahteraan pedagang. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (7,973 > 199300) dan signifikan 0,000 < 0,5, jadi dapat disimpulkan dari uji hipotesis H0 ditolak Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh antara revitalisasi pasar dapat menjelaskan peningkatan variabel kesejahteraan pedagang dengan konstribusi sebesar 46,6% yang terlihat dari pembangunan los atau kios secara permanen, perluasan tempat parkir, membangun WC dan kantor pengelola serta pengadaan petugas kebersihan. Sedangkan sisanya 43,4% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini pembahasan mengenai pengaruh revitalisasi pasar tradisional ini sangat berguna untuk memahami bagaimana dampaknya terhadap kesejahteraan pedagang dan untuk untuk meningkatkan revitalisasi pasar yang lebih optimal kedepannya. Kata Kunci : Revitalisasi Pasar, Kesejahteraan Pedagang

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 15 Jan 2024 01:44
Last Modified: 15 Jan 2024 01:44
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12396

Actions (login required)

View Item View Item