Kontribusi Pembiayaan Syariah Dalam Memenuhi Kebutuhan Usaha Kelautan di Wilayah Cirebon (Studi Kasus BSI KCP Cirebon Plered I)

Sarah Amelia, (2023) Kontribusi Pembiayaan Syariah Dalam Memenuhi Kebutuhan Usaha Kelautan di Wilayah Cirebon (Studi Kasus BSI KCP Cirebon Plered I). Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908203009_1_cover.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203009_2_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203009_6_bab5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203009_7_dafpus.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sarah Amelia. NIM: 1908203009, “Kontribusi Pembiayaan Syariah Dalam Memenuhi Kebutuhan Usaha Kelautan di Wilayah Cirebon (Studi Kasus BSI KCP Cirebon Plered I)”, 2023. Sumber daya pesisir dan lautan merupakan potensi penting dalam pembangunan masa depan, mengingat luas wilayah laut Indonesia adalah 62% dari luas wilayah nasional, belum termasuk Zona Ekonomi Eksklusif seluas 2,7 juta km persegi. Dengan berbagai kekayaan keanekaragaman hayati dan jasa-jasa lingkungan yang diberikan, sumber daya pesisir dan lautan mempunyai nilai ekonomis dan ekologis yang tinggi. Namun dengan adanya keterbatasan modal yang di miliki masyarakat, banyak masyarakat yang tidak bisa memanfaatkan situasi dan kondisi ini dengan membangun usaha. Dalam hal meningkatkan produktif nya usaha nasabah, BSI KCP Cirebon Plered I juga tidak tinggal diam setelah menyalurkan pembiayaan nya untuk melihat perkembangan usaha tersebut. BSI KCP Cirebon Plered I akan rutin mengadakan kunjungan terhadap nasabah yang mengajukan pembiayaan untuk usahanya. Fasilitas dan layanan di UMKM Center BSI juga diharapkan menjadi wadah bagi pelaku UMKM agar mendapatkan pelatihan, pembinaan, pembiayaan hingga membantu proses pemasaran produk. Dengan demikian diharapkan pelaku UMKM yang memanfaatkan program tersebut dapat naik kelas dan meningkatkan skala usahanya. BSI KCP Cirebon Plered I juga sudah melakukan perannya terhadap pelaku usaha sektor kelautan di daerah Plered, hal ini karena adanya pemberian modal kerja bagi pelaku usaha mikro yang mengambil pembiayaan mikro di BSI KCP Cirebon Plered I. Dengan memberikan modal berupa uang tunai secara langsung sehingga peran dari BSI KCP Cirebon Plered I mampu membantu dalam manajemen organisasi dan membantu dalam manajemen keuangan. Kata Kunci: Perikanan, Pembiayaan Syariah, Kontribusi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:55
Last Modified: 15 Jan 2024 04:55
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12416

Actions (login required)

View Item View Item