Pengaruh Literasi Keuangan Dan Persepsi Kemudahan Menggunakan Fintech Terhadap Minat Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah (Studi Kasus Masyarakat Perumahan Green Kepuh Residence Palimanan)

SELI AMELIA, (2023) Pengaruh Literasi Keuangan Dan Persepsi Kemudahan Menggunakan Fintech Terhadap Minat Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah (Studi Kasus Masyarakat Perumahan Green Kepuh Residence Palimanan). Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908203110_1_cover.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203110_2_bab1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203110_6_bab5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203110_7_dafpus.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

SELI AMELIA, NIM: 1908203110. “Pengaruh Literasi Keuangan Dan Persepsi Kemudahan Menggunakan Fintech Terhadap Minat Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah (Studi Kasus Masyarakat Perumahan Green Kepuh Residence Palimanan)”, 2023 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat masyarakat untuk berinvestasi di pasar modal syariah, hal ini ditunjukan dengan jumlah investor di indonesia tidak sebanding dengan jumlah penduduk di indonesia. Sehingga tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan dan persepsi kemudahan menggunakan fintech terhadap minat masyarakat untuk berinvestasi di pasar modal syariah. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 91 responden yang diambil dari populasi 1.007 dengan menggunakan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji instrument penelitian, uji asumsi klasik, uji analisis regresi moderasi (sub-grup), uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi di pasar modal syariah diperoleh nilai thitung sebesar 2,520 dan variabel persepsi kemudahan menggunakan fintech diperoleh thitung sebesar 5, 279. Kemudian secara simultan variabel literasi keuangan dan persepsi kemudahan menggunakan fintech bersama-sama mempengaruhi minat masyarakat untuk berinvestasi di pasar modal syariah sebesar 34,6% dan sisanya sebesar 65,4% yang dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil output variabel moderasi yang terdiri dari gender, usia dan pendapatan, hanya usia yang memoderasi antara variabel literasi keuangan dan persepsi kemudahan menggunakan fintech terhadap minat berinvestasi di pasar modal syariah, sedangkan untuk gender dan pendapatan tidak memoderasi antara literasi keuangan dan persepsi kemudahan menggunakan fintech terhadap minat berinvestasi di pasar modal syariah. Kata Kunci: Literasi, Persepsi, Fintech, Investasi, Demografi

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:59
Last Modified: 15 Jan 2024 04:59
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12417

Actions (login required)

View Item View Item