IMPLEMENTASI AKUNTANSI PEMERINTAHAN BERDASARKAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN ( Studi Kasus di Desa Cipeujeuh Wetan Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon)

SITI TIA FINDEYAN, (2023) IMPLEMENTASI AKUNTANSI PEMERINTAHAN BERDASARKAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN ( Studi Kasus di Desa Cipeujeuh Wetan Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, S1 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908205059_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205059_2_bab1.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205059_6_bab5.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205059_7_dafpus.pdf

Download (305kB) | Preview

Abstract

SITI TIA FINDEYAN. NIM :1908205059, ‘’IMPLEMENTASI AKUNTANSI PEMERINTAHAN BERDASARKAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN ( Studi Kasus di Desa Cipeujeuh Wetan Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon)’’ Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintahan dalam pengelolaan dana desa di desa Cipeujeuh Wetan Kecamatan Lemahabang, dan bagaimana upaya, kebutuhannya dalam melaksanakan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa dan upaya pemerataan dalam penaatan keuangan dan akuntanbilitasnya harus terkontrol dengan baik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, data yang dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi, studi kepustakaan, kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analisis. Adapun hasil dari penelitian ini :penerapan PSAP pada Akuntansi Pemerintahan Desa Cipeujeuh Wetan,perbaikan penerpanan Persyaratan akuntansi pemerintah (PSAP) di Desa Cipeujeuh Wetan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemerintahan desa Cipeujeuh Wetan menjalankan prinsip tranparansi dan akuntabilitas.implementasi system akuntansi pemerintahan pada desa Cipeujeuh Wetan Kecamatan Lemahabang ini telah menetapkan pos pendapatan, belanja, suplus / deficit dan sisa lebih/kurang pembiayaan anggaran dalam satu periode pelaporan. Pos transfer, penerimaan, pembiayaan, pengeluaran pembiayaan dan pembiayaan neto tidak diterapkan karena tidak memiliki kebutuhan pembiayaan.Hal ini sudah sesuai dengan PSAP tentang laporan realisasi anggaran,karena desa Cipeujeuh Wetan menerapkan akun sesuai kebutuhan saja. Kata kunci :Sistem Akuntansi pemerintahan,Alokasi Dana Desa,Akuntabilitas.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 16 Jan 2024 06:45
Last Modified: 16 Jan 2024 06:45
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12445

Actions (login required)

View Item View Item