PENGARUH PEMBIAYAAN MUDHARABAH DAN MUSYARAKAH TERHADAP PROFITABILITAS MELALUI FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2018 – 2022

MILLA NUR FITHRIYA, (2023) PENGARUH PEMBIAYAAN MUDHARABAH DAN MUSYARAKAH TERHADAP PROFITABILITAS MELALUI FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2018 – 2022. Bachelor thesis, S1 Akuntansi Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908205115_1_cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205115_2_bab1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205115_6_bab5.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205115_7_dafpus.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

MILLA NUR FITHRIYA. NIM 1908205115. PENGARUH PEMBIAYAAN MUDHARABAH DAN MUSYARAKAH TERHADAP PROFITABILITAS MELALUI FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2018 – 2022. Skripsi 2023. Hal yang paling penting dalam dunia perbankan ialah bagaimana kinerja dari bank tersebut karena dalam hal ini bank sebagai lembaga kepercayaan masyarakat, maka diharapkan dapat menunjukkan kualitas kinerja keuangannya. Salah satu cara untuk melihat kinerja bank serta cara untuk meningkatkannya dapat dilakukan melalui profitabilitas. Profitabilitas merupakan indikator yang paling penting untuk mengukur dan melihat kemampuan dari suatu bank, apakah mampu memperoleh laba serta keuntungan dan untuk mengukur tingkat efektivitas manajemen dalam melaksanakan kegiatan operasionalnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dari pertanyaan�pertanyaan seperti yang berkaitan dengan judul Pengaruh Pembiayaan Mudharabah dan Musyarakah terhadap Profitabilitas Melalui Financing to Deposit Ratio (FDR) sebagai Variabel Intervening pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode 2018-2022. Dalam Profitabilitas diukur dengan menggunakan Return On Equity (ROE). Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (Path Analysis) menggunakan software SmartPLS versi 3.2.9. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: (1) Pembiayaan Mudharabah tidak berpengaruh terhadap Profitabilitas pada Bank Umum Syariah; (2) Pembiayaan Musyarakah berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas pada Bank Umum Syariah; (3) Pembiayaan Mudharabah berpengaruh signifikan terhadap Financing to Deposit Ratio (FDR) pada Bank Umum Syariah; (4) Pembiayaan Musyarakah tidak berpengaruh terhadap Financing to Deposit Ratio (FDR) pada Bank Umum Syariah; (5) Financing to Deposit Ratio (FDR) tidak berpengaruh terhadap Profitabilitas pada Bank Umum Syariah; (6) Financing to Deposit Ratio (FDR) tidak dapat memediasi pengaruh antara variabel Pembiayaan Mudharabah terhadap Profitabilitas pada Bank Umum Syariah; (7) Financing to Deposit Ratio (FDR) tidak dapat memediasi pengaruh antara variabel Pembiayaan Musyarakah terhadap Profitabilitas pada Bank Umum Syariah. Kata Kunci: Pembiayaan, Mudharabah, Musyarakah, Return On Equity, Financing to Deposit Ratio (FDR)

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 16 Jan 2024 06:56
Last Modified: 16 Jan 2024 06:56
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12447

Actions (login required)

View Item View Item