TANGGUNG JAWAB DINAS SOSIAL KABUPATEN BEKASI UNTUK PELINDUNGI ANAK TERLANTAR DALAM PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH (Studi Kasus Dinas Sosial Kabupaten Bekasi)

Fadhlulloh Al Khowarizmi, TANGGUNG JAWAB DINAS SOSIAL KABUPATEN BEKASI UNTUK PELINDUNGI ANAK TERLANTAR DALAM PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH (Studi Kasus Dinas Sosial Kabupaten Bekasi). Bachelor thesis, S1 Hukum Tata Negara Islam IAIN SNJ.

[img]
Preview
Text
1908206066_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908206066_2_bab1.pdf

Download (970kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908206066_6_bab5.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908206066_7_dafpus.pdf

Download (539kB) | Preview

Abstract

Fadhlulloh Al Khowarizmi. NIM: 1908206066, TANGGUNG JAWAB DINAS SOSIAL KABUPATEN BEKASI UNTUK MELINDUNGI ANAK TERLANTAR DALAM PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH (Studi Kasus Dinas Sosial Kabupaten Bekasi) Dinas Sosial Kabupaten Bekasi merupakan salah satu perangkat daerah di Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi di bidang urusan sosial. Dengan klasifikasi organisasi perangkat daerah tipe A sesuai dengan yang tertuang dalam Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tanggung jawab Dinas Sosial Kabupaten Bekasi dalam melindungi anak terlantar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif berupa studi kasus dengan pendekatan yuridis normatif. Pada penelitian ini untuk mengetahui Tanggung Jawab Dinas Sosial Kabupaten Bekasi dalam melindungi anak terlantar. Penelitian kualitatif dengan pendekatan yuridis normatif dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara untuk mengetahui kondisi yang ada di lapangan dengan hukum positif yang berkaitan dengan Dinas Sosial Kabupaten Bekasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukan tanggung jawab yang dilakukan oleh Dinas Sosial Kabupaten Bekasi dalam melindungi anak terlantar ialah memberikan perlindungan anak di dalam maupun di luar panti dengan memfasilitasi dan memberi bantuan agar menjamin terpenuhinya hak-hak anak terlantar terutama hak pendidikan kesehatan, dan pembinaan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak. Pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan program kesejahteraan sosial yaitu Dinas Sosial Kabupaten Bekasi bertugas pelaksanaan dan penanganan kesejahteraan sosial dalam hal ini anak terlantar dengan cara koordinatif yang sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Bekasi Nomor 10 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial Dinas Sosial Kabupaten bekasi dalam perlindungan anak terlantar serta merta harus di dukung oleh masyarakat. Dengan peningkatan pelayanan, pemberdayaan dan pembangunan masyarakat, termasuk dalam upaya pemerintah untuk menanggulangi masalah sosial. Dengan adanya rehabilitasi sosial terhadap anak terlantar di dalam pengasuhan agar mendapatkan segala kubutuhannya dengan layak, juga pendampingan anak agar anak tersebut mau menjalani hidup dengan hak yang sudah di berikan oleh Dinas Sosial. Akan tetapi setiap program pasti mempunyai kekurangan/hambatan Yang berarti bahwa pemenuhannya belum terlaksananya secara lancar dan maksimal, beberapa hambatan Dinas Sosial Kabupaten Bekasi dalam melindung anak terlantar, yaitu diantaranya: a. Tempat; b. Kurangnya pekerja sosial; c. Kurangnya pendekatan awal terhadap anak; d. Kurangnya pemahaman Dinas Sosial; dan e. Pelayanan anak terlantar di luar panti. Kata kunci: Tanggung Jawab, Dinas Sosial, Kabupaten Bekasi

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 17 Jan 2024 08:23
Last Modified: 17 Jan 2024 08:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12487

Actions (login required)

View Item View Item