TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PENETAPAN NOMINAL INFAQ PEDAGANG KANTIN DI MASJID (STUDI KASUS EKONOMI BERBASIS MASJID DI MASJID AGUNG KABUPATEN CIAMIS)

Muhammad Iqbal Sanjaya Rahmat Permana, (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PENETAPAN NOMINAL INFAQ PEDAGANG KANTIN DI MASJID (STUDI KASUS EKONOMI BERBASIS MASJID DI MASJID AGUNG KABUPATEN CIAMIS). Bachelor thesis, S1- Hukum Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1708202098_1_cover.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708202098_2_bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708202098_6_bab5.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708202098_7_dafpus.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Muhammad Iqbal Sanjaya Rahmat Permana. NIM: 1708202098, “TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PENETAPAN NOMINAL INFAQ PEDAGANG KANTIN DI MASJID (STUDI KASUS EKONOMI BERBASIS MASJID DI MASJID AGUNG KABUPATEN CIAMIS)”, 2023 Dalam meningkatkan pemberdayaan ekonomi masjid, di Masjid Agung Ciamis memiliki mitra salah satunya kantin kantin yang berada di lingkungan masjid. Dalam pelaksanaannya, pengurus DKM Masjid Agung Ciamis menetapkan infaq sebesar Rp.5.000 ketika sepi pengunjung dan Rp.10.000 ketika banyak pengunjung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana alur kemitraan kantin di Masjid Agung Kab. Ciamis dan untuk mengetahui bagaimana pandangan hukum ekonomi syariah tentang penetapan nominal infaq pedagang kantin di Masjid Agung Kab. Ciamis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Data penelitian diperoleh dengan cara wawancara, obeservasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan objek wawancara adalah pedagang kantin dan pengurus DKM Masjid Agung Kab. Ciamis. Kemudian observasi dan dokumentasi dilakukan di lingkungan Masjid Agung Ciamis. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode desktiptif analisis, yaitu suatu teknik analisa data dimana penulis membaca, mempelajari, memahami, dan kemudian menguraikan semua data yang diperoleh. Dan selanjutnya melakukan analisa terhadap masalah yang sudah dirumuskan. Hasil dari penelitian ini adalah DKM menyediakan tempat untuk para jamaah yang ingin berdagang di kantin yang berada lingkungan masjid. Prinsipnya adalah memiliki manfaat bersama. Kemudian Penetapan nominal infaq Pedagang Kantin di Masjid Agung Ciamis berdasarkan Al-Quran dan tinjauan hukum ekonomi syariah secara tegas dijelaskan bahwa tidak ada penetapan nominal dalam berinfaq. Kata Kunci: Penetapan, nominal, infaq, Ekonomi Masjid, Pedagang, kantin.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 19 Jan 2024 01:28
Last Modified: 19 Jan 2024 01:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12500

Actions (login required)

View Item View Item