PELUANG DAN TANTANGAN GADAI (RAHN) EMAS PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS PADA PT. PEGADAIAN SYARIAH CABANG UPS PERJUANGAN CIREBON)

Vira Maulinda Rahayu, (2022) PELUANG DAN TANTANGAN GADAI (RAHN) EMAS PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS PADA PT. PEGADAIAN SYARIAH CABANG UPS PERJUANGAN CIREBON). UNSPECIFIED thesis, S1- Hukum Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1808202120_1_cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808202120_2_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808202120_6_bab5.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808202120_7_dafpus.pdf

Download (777kB) | Preview

Abstract

Vira Maulinda Rahayu. NIM: 1808202120. “PELUANG DAN TANTANGAN GADAI (RAHN) EMAS PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS PADA PT. PEGADAIAN SYARIAH CABANG UPS PERJUANGAN CIREBON)”. 2022. Produk gadai yang sangat diminati sekarang ini adalah gadai logam mulia (emas). Pegadaian syariah merupakan salah satu alternatif pendanaan produk gadai (rahn) emas. Sebagai sebuah lembaga keuangan syariah maka perlu melihat adanya tantangan dan peluang, dimana tantangan dapat mengunggah tekat dalam menghadapi masalah menuju keperubahan yang lebih baik serta berhati-hati dalam menghadapi yang kemungkinan terjadi dalam gadai (rahn) emas. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menjadi rumusan masalah yaitu untuk mengetahui peluang dan tantangan gadai emas pada PT. Pegadaian Syariah Cabang UPS Perjuangan Cirebon, untuk mengetahui prospek gadai emas pada PT. Pegadaian Syariah Cabang UPS Perjuangan Cirebon juga untuk mengetahui Pandangan Hukum Ekonomi Syariah pada operasional gadai emas yang dijalankan oleh PT. Pegadaian Syariah Cabang UPS Perjuangan Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif yaitu apa yang dinyatakan oleh responden secara tertulis atau lisan dan perilaku nyata. Sumber data primer pada penelitian ini adalah pihak dari PT. Pegadaian Syariah Cabang UPS Perjuangan Cirebon Cirebon. Adapun hasil dari penelitian ini: pertama, bahwa produk gadai (rahn) emas di Pegadaian Syariah Cabang UPS Perjuangan Cirebon memiliki peluang yang cerah dan tantangan yang harus dihadapi untuk meminimalisir kemungkinan yang akan terjadi dikemudian hari. Kedua, pegadaian syariah mempunyai prospek yang cukup cerah, baik. Prospek ini akan lebih cerah lagi apabila kelemahan (weakness) dapat dikurangi dan ancaman (threat) dapat di atasi. Ketiga, gadai emas di Pegadaian Syariah Cabang UPS Perjuanan Cirebon telah sesuai dengan konsep rahn, bahwa syarat dan rukun yang harus dipenuhi dalam pelaksanaan produk gadai emas syariah di bank syariah yaitu; nasabah (rahin), pegadaian (murtahin), uang pembiayaan/pinjaman (marhun bih), barang jaminan (marhun). Kata Kunci: Peluang, Tantangan, Pegadaian Syariah.

[error in script]
Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 19 Jan 2024 07:21
Last Modified: 19 Jan 2024 07:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12510

Actions (login required)

View Item View Item