KONTRIBUSI PAJAK HOTEL SYARIAH PADA PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN CIREBON DALAM MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di Badan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Cirebon Perspektif Hukum Ekonomi Syariah)

Tamara Azhaar Arafah, (2023) KONTRIBUSI PAJAK HOTEL SYARIAH PADA PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN CIREBON DALAM MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di Badan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Cirebon Perspektif Hukum Ekonomi Syariah). Bachelor thesis, S1- Hukum Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1808202130_1_cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808202130_2_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808202130_6_bab5.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808202130_7_dafpus.pdf

Download (444kB) | Preview

Abstract

Tamara Azhaar Arafah. NIM: 1808202130, “ KONTRIBUSI PAJAK HOTEL SYARIAH PADA PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN CIREBON DALAM MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di Badan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Cirebon Perspektif Hukum Ekonomi Syariah)” Pendapatan asli daerah (PAD) merupakan penerimaan dari pungutan pajak daerah, retribusi daerah, pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan dan pendapatan lain-lain. Pajak hotel syariah adalah salah satu bagian dari pajak daerah yang memiliki potensi bagi penerimaan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Cirebon. Perkembangan perhotelah akan berdampak secara langsung pada Peningkatan Pendapatan Asli Daerah, ini menjadi tantangan bagi Pemerintah Kabupaten Cirebon untuk lebih menggali pendapatan dari sektor pajak hotel syariah yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi pajak hotel syariah terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Cirebon, mengetahui seberapa besar Kontribusi Pajak Hotel Syariah terhadap peningkatan PAD Kabupaten Cirebon di masa Pandemi Covid-19, dan untuk mengetahui kendala dan upaya yang dilakukan oleh BAPENDA Kabupaten Cirebon dalam memaksimalkan penerimaan pajak hotel syariah dalam masa Pandemi Covid-19. Untuk mencapai tujuan metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dimana peneliti akan mendeskripsikan hasil penelitianya. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer yang dapat secara langsung melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dari BAPENDA Kabupaten Cirebon, dan sumber data sekunder yang berasal dari literatur dan dukumentasi yang mendukung data primer seperti buku-buku, jurnal, dan lainnya. Kemudian dianalisis melalui proses reduksi data, display data dan terakhir pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa perkembangan pajak hotel syariah pada tahun 2019 sampai dengan 2021 tidak stabil dan mengalami penurunan, secara keseluruhan kontribusi pajak hotel syariah pada tahun 2019-2021 memberikan kontribusi masih pada kategori yang sangat kurang terhadap Pendapatan Asli Daerah, hal tersebut terjadi dikarenakan adanya Covid-19. Kata Kunci : Kontribusi, Pajak Hotel Syariah, Pendapatan Asli Daerah

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 19 Jan 2024 07:30
Last Modified: 19 Jan 2024 07:30
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12512

Actions (login required)

View Item View Item