Perlindungan Hukum Bagi Investor Dalam Jual Beli Saham Secara Online Menurut Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Dan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 6/Pojk.07/2022 (Studi Kasus Galeri Investasi Syariah Bursa Efek Indonesia Syekh Nurjati Cirebon)

Akhmad Bayhaqi, A (2023) Perlindungan Hukum Bagi Investor Dalam Jual Beli Saham Secara Online Menurut Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Dan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 6/Pojk.07/2022 (Studi Kasus Galeri Investasi Syariah Bursa Efek Indonesia Syekh Nurjati Cirebon). Bachelor thesis, S1 Hukum Ekonomi Syariah IAIN SNJ.

[img]
Preview
Text
1908202008_1_cover.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202008_2_bab1.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202008_6_bab5.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202008_7_dafpus.pdf

Download (369kB) | Preview

Abstract

Akhmad Bayhaqi. NIM : 1908202008, “Perlindungan Hukum Bagi Investor Dalam Jual Beli Saham Secara Online Menurut Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Dan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 6/Pojk.07/2022 (Studi Kasus Galeri Investasi Syariah Bursa Efek Indonesia Iain Syekh Nurjati Cirebon)”, 2023. Perkembangan teknologi yang menyebabkan munculnya praktik jual beli saham online. Adanya tranksaksi saham yang dilakukan secara online memudahkan masyarakat yang ingin menginvestasikan uangnya, hanya dengan mendownload aplikasi yang disediakan oleh pialang atau broker yang mendapat izin operasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Kemudahan tersebut tidak memungkiri dalam transaksi saham secara online yang dilakukan oleh investor di Galeri Investasi Syariah Bursa Efek Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon adanya potensi pelanggaran seperti manipulasi pasar, penipuan dan perdagangan orang dalam atau insider trading sehingga diperlukannya perlindungan hukum apakah perlindungan yang diberikan sesuai dengan peraturan. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktik jual beli saham secara online dan perlindungan hukum bagi investor berdasarkan Undang�Undang No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 6/POJK.07/2022 Tentang Perlindungan Konsumen Dan Masyarakat Di Sektor Jasa Keuangan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. penelitian yang bertujuan untuk membuat gambaran dan menganalisis secara sistematis yang mengungkapkan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan objek penelitian. Dalam penelitian ini peneliti akan melakukan penelitian kepustakaan dan studi lapangan, melalui observasi, wawancara dan dokumentasi sehingga akan ditemukan data yang berkaitan dengan objek penelitian. Adapun hasil penelitian ini menyatakan bahwa: praktik jual beli saham yang dilakukan investor di Galeri Investasi Syariah Bursa Efek Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon melalui software online trading (MotionTrade) sesuai dengan regulasi pasar modal, dan sampai saat ini belum ada kasus pelanggaran dalam transaksi saham di GIS BEI IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Adapun bentuk perlindungan yang diberikan oleh Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 6/POJK.07/2022 tentang Perlindungan Konsumen dan Masyarakat di Sektor Jasa Keuangan terdapat dua bentuk yaitu perlindungan preventif atau pencegahan dan perlindungan represif atau sanksi jika terjadi pelanggaran. Dalam hukum Islam praktik jual beli saham online dilarang adanya unsur-unsur gharar, penipuan, tadlis dan riba hal itu untuk melindungi investor dari kerugian. Kata Kunci : Investor, investasi online dan Perlindungan Hukum

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 26 Jan 2024 06:47
Last Modified: 26 Jan 2024 06:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12528

Actions (login required)

View Item View Item