Peran Usaha Kecil Menengah (UKM) Tyo Jaya Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Pegagan Perspektif Hukum Ekonomi Syariah

Lu’lu Khoriyatul, L (2023) Peran Usaha Kecil Menengah (UKM) Tyo Jaya Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Pegagan Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Bachelor thesis, S1 Hukum Ekonomi Syariah IAIN SNJ.

[img]
Preview
Text
1908202019_1_cover.pdf

Download (858kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202019_2_bab1.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202019_6_bab5.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202019_7_dafpus.pdf

Download (316kB) | Preview

Abstract

Lu’lu Khoriyatul, NIM: 1908202019, “Peran Usaha Kecil Menengah (UKM) Tyo Jaya Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Pegagan Perspektif Hukum Ekonomi Syariah”. Skripsi 2022. UKM Tyo Jaya sebagai salah satu UKM yang ada di Desa Pegagan merupakan salah satu UKM yang mempunyai peluang dalam hal menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan sebagai bentuk pemberdayaan ekonomi masyarakat. Dimana mayoritas pekerja yang diambil merupakan masyarakat sekitar sehingga mempunyai peluang dalam hal pemberdayaan masyarakat. Keberadaan Usaha Kecil Menengah (UKM) mempunyai peran tersendiri dalam kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat sesuai dengan Pasal 5 UU No. 20 Tahun 2008 yang berisi tujuan pemberdayaan. Namun, belum semua UKM yang ada sudah memberikan peran bagi pemberdayaan masyarakat sekitar sesuai dengan penjelasan dalam pasal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai peran keberadaan UKM dalam menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat sebagai bentuk pemberdayaan ekonomi masyarakat, khususnya pada UKM Tyo Jaya yang ada di desa Pegagan, serta pandangan hukum ekonomi syariah terhadap peran UKM Tyo Jaya dalam menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar yang dikaitkan dengan konsep model pemberdayaan dalam Islam yang berdasarkan Al-Qur‟an sebagai salah satu sumber hukum Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sedangkan dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya peran UKM Tyo Jaya dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat berupa menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat desa Pegagan, yang dibuktikan dengan bertambahnya jumlah pekerja setiap tahunnya serta adanya penambahan dalam pendapatan masyarakat yang bekerja disana yang sebelumnya hanya bekerja sebagai pekerja serabutan yang tidak mempunyai pendapatan tetap menjadi lebih berdaya dengan bekerja di UKM Tyo Jaya dan mempunyai pendapatan tetap. Hal tersebut menunjukan bahwa UKM Tyo Jaya sudah menimbulkan peran dalam menciptakan lapangan kerja dan peningkatan pendapatn masyarakat sesuai dengan tujuan pemberdayaan UKM yang ada dan memenuhi salah satu indikator pemberdayaan yaitu berkurangnya pengangguran dan pemerataan pendapatan. Kata Kunci: UKM, Pemberdayaan, Ekonomi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 30 Jan 2024 02:20
Last Modified: 30 Jan 2024 02:20
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12561

Actions (login required)

View Item View Item