IMPLEMENTASI AKAD MUSYARAKAH PADA PRODUK PEMBIAYAAN DI KSPPS BMT NU SEJAHTERA PRESPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi di KSPPS BMT NU SEJAHTERA CABANG MAJALENGKA)

ROSIDA AZIZAH, R (2023) IMPLEMENTASI AKAD MUSYARAKAH PADA PRODUK PEMBIAYAAN DI KSPPS BMT NU SEJAHTERA PRESPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi di KSPPS BMT NU SEJAHTERA CABANG MAJALENGKA). Bachelor thesis, S1 Hukum Ekonomi Syariah IAIN SNJ.

[img]
Preview
Text
1908202022_1_cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202022_2_bab1.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202022_6_bab5.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202022_7_dafpus.pdf

Download (312kB) | Preview

Abstract

ROSIDA AZIZAH. NIM: 1908202022, “IMPLEMENTASI AKAD MUSYARAKAH PADA PRODUK PEMBIAYAAN DI KSPPS BMT NU SEJAHTERA PRESPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi di KSPPS BMT NU SEJAHTERA CABANG MAJALENGKA)” Produk pembiayaan merupakan salah satu produk utama lembaga keuangan syariah. Pembiayaan dapat dikategorisasikan menjadi pembiayaan dengan prinsip jual beli dan pembiayaan dengan prinsip bagi hasil. Pembiayaan Musyarakah merupakan salah satu produk dari pembiayaan dengan prinsip bagi hasil. Konsep bagi hasil pada pembiayaan Musyarakah harus berdasarkan keuntungan maupun kerugian namun dan besaranya tentukan berdasarkan kesepakatan bersama. Namun dalam penerapanya sering kali lembaga keuangan syariah telah menetapkan presentase bagi hasil berdasarkan keputusan satu pihak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi akad Musyarakah pada produk pembiayaan di KSPPS BMT NU Sejahtera cabang Majalengka?. Bagaimana dasar hukum akad Musyarakah ada produk pembiayaan yang digunakan di KSPPS BMT NU Sejahtera Cabang Majalengka?. Bagaimana Pandangan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Implementasi Akad Musyarakah Pada Produk Pembiayaan DI KSPPS BMT NU Sejahtera Cabang Majalengka?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan studi kasus. Dimana penelitian ini akan menggunakan bahan-bahan hukum serta menganalisis berdasarkan fakta yang ada di lapangan yang berkaitan dengan objek penelitian. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan dan study lapangan, maka prosedur dalam perolehan data di penelitian ini hasil dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menyatakan bahwa: Pembiayaan akad Musyarakah di KSPPS BMT NU Sejahtera dilakukaan berdasarkan prosedur pembiayaan sebagaimana umumnya yang dilakukan di lembaga keuangan syariah lainnya, dimana nasabah melakukan permohonan pembiayaan, yang kemudian akan disurvey oleh pihak Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) kemudian akan dilakukan pemeriksaan kualifikasi nasabah hingga realisasi pembiayaan. Adapun dasar hukum pelaksanaan kegiatan Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) berbentuk koperasi maka tunduk juga pada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian dan berada dalam pengawasan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah dalam pelaksanaan pembiayaan Musyarakah KSPPS BMT NU Sejahtera Cabang Majalengka berpedoman kepada F Fatwa DSN No: 08/DSN-MUI/IV/2000 tentang pembiayaan Musyarakah. Adapun pandangan hukum ekonomi syariah terhadap Implementasinya Pembiayaan Musyarakah di KSPPS BMT NU Sejahtera belum sesuai dengan dasar hukum yang digunakan oleh Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) NU Sejahtera yang mana dalam hal ini Fatwa DSN No: 08/DSN-MUI/IV/2000 tentang Pembiayaan Musyarakah terlebih dalam hal pembagian hasil keuntungan terlihat bahwa di Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) NU Sejahtera telah menetapkan sepihak besaran persentase 1% - 1,6% untuk bagi hasil anggota pembiayaan. Kata Kunci: Pembiayaan, Musyarakah dan Hukum Ekonomi Syariah

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 30 Jan 2024 02:44
Last Modified: 30 Jan 2024 02:44
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12565

Actions (login required)

View Item View Item