EFEKTIVITAS PENGELOLAAN DANA ZAKAT, INFAQ DAN SHODAQOH (ZIS) PADA PROGRAM BEASISWA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PENDIDIKAN MENURUT PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus di Lembaga Daarut Tauhid Peduli Cabang Cirebon)

Serlia, S (2023) EFEKTIVITAS PENGELOLAAN DANA ZAKAT, INFAQ DAN SHODAQOH (ZIS) PADA PROGRAM BEASISWA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PENDIDIKAN MENURUT PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus di Lembaga Daarut Tauhid Peduli Cabang Cirebon). Bachelor thesis, S1 Hukum Ekonomi Syariah IAIN SNJ.

[img]
Preview
Text
1908202023_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202023_2_bab1.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202023_6_bab5.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202023_7_dafpus.pdf

Download (324kB) | Preview

Abstract

Serlia. NIM: 1908202023, “EFEKTIVITAS PENGELOLAAN DANA ZAKAT, INFAQ DAN SHODAQOH (ZIS) PADA PROGRAM BEASISWA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PENDIDIKAN MENURUT PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus di Lembaga Daarut Tauhid Peduli Cabang Cirebon)”, 2023 Menurut syariah Islam menyalurkan harta bagi orang yang mampu kepada orang yang membutuhkan sendiri ada beberapa istilah mengenai hal tersebut yaitu zakat, infaq, dan shodaqah. Zakat, infaq dan shodaqoh umumnya memiliki beberapa fungsi. Salah satu fungsinya adalah tanggung jawab sosial, perekonomian yaitu dengan mengalihkan harta yang tersimpan dan tidak produktif di kalangan masyarakat, dan tegaknya jiwa umat. Maka dengan beberapa fungsi dana zakat, infak dan shodaqoh. Dana-dana tersebut harus dikelola pada suatu lembaga yang memang memiliki kapabilitas untuk mengelolanya. Dalam hal ini peran lembaga amil zakat, infak, dan sedekah berfungsi untuk memberdayakan para mustahik serta mengelola dana ZIS yang ada di Indonesia dengan maksimal. Pengelolaan zakat, infaq dan shodaqoh yang baik dan optimal dapat menjadi potensi yang cukup besar bagi umat Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menjadi rumusan masalah: “Urgensi atau bentuk sosialisasi pengumpulan dana zakat, infaq dan shodaqoh di Daarut Tauhid (DT) Peduli Cabang Cirebon?”, “Bagaimana pengelolaan dana zakat, infaq dan shodaqoh pada program beasiswa dalam meningkatkan motivasi pendidikan di Daarut Tauhid (DT) Peduli Cabang Cirebon”, dan “Bagaimana perspektif hukum ekonomi syariah terhadap efektivitas pengelolaan dana zakat, infaq dan shodaqoh pada program beasiswa dalam meningkatkan motivasi pendidikan di Daarut Tauhid (DT) Peduli Cabang Cirebon”. Peneitian ini menggunakan peneitian kualitatif, data yang dikumpulkan dengan cara interview (wawancara), observasi, dokumentasi kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analisis. Adapun hasil dari penelitian ini: Urgensi atau bentuk sosialisasi yang digunakan oleh Lembaga Daarut Tauhiid (DT) Cabang Cirebon ialah dengan cara online dan cara langsung. Mengenai pengelolaan dana zakat, infaq dan shodaqoh, lembaga ini mengelola serta mendistribusikan dana tersebut yaitu dengan cara menghimpun dana melalui perantara program-program yang ada, salah satunya yaitu program beasiswa. Apabila ditinjau menurut hukum ekonomi syariah, jelasnya dalam Qs. At-Taubah ayat 103 menegaskan mengenai pengelolaan dana zakat, infaq dan shodaqoh. Hasilnya bahwa pada lembaga ini sudah dilakukan berdasarkan ketentuan serta prosedur yang telah ditentukan oleh Lembaga Daarut Tauhiid (DT) Peduli pengumpulan dan pendistribusian diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan serta pengelolaan dana zakat, infaq dan shodaqoh yang diterapkan berdasarkan tanggung jawab dengan tujuan meningkatkan motivasi pendidikan para penerima manfaat dari program beasiswa ini. Kata Kunci: Efektivitas, Pengelolaan Dana ZIS dan Motivasi Pendidikan

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 30 Jan 2024 02:50
Last Modified: 30 Jan 2024 02:50
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12566

Actions (login required)

View Item View Item