PERAN KOPERASI TERHADAP PELAYANAN SIMPAN PINJAM DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN ANGGOTA PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Pelayanan simpan pinjam di Koperasi Niaga Remaja DISKOPDAGIN Indramayu)

INDAH LESTARI, I (2023) PERAN KOPERASI TERHADAP PELAYANAN SIMPAN PINJAM DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN ANGGOTA PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Pelayanan simpan pinjam di Koperasi Niaga Remaja DISKOPDAGIN Indramayu). Bachelor thesis, S1 Hukum Ekonomi Syariah IAIN SNJ.

[img]
Preview
Text
1908202025_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202025_2_bab1.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202025_6_bab5.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202025_7_dafpus.pdf

Download (271kB) | Preview

Abstract

INDAH LESTARI. NIM: 1908202025, “PERAN KOPERASI TERHADAP PELAYANAN SIMPAN PINJAM DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN ANGGOTA PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Pelayanan simpan pinjam di Koperasi Niaga Remaja DISKOPDAGIN Indramayu)”, 2023 Koperasi merupakan suatu perkumpulan yang beranggotakan orang- orang atau badan-badan hukum koperasi yang memberikan kebebasan masuk dan keluar sebagai anggota, dengan bekerjasama secara kekeluargaan menjalankan usaha untuk mempertinggi kesejahteraan para anggotanya. Begitupun dengan koperasi niaga remaja indramayu yang memiliki suatu problematika dalam permohonan pinjaman kadang�kadang anggota minta naik jumlah 2 (dua) kali dari pinjaman sebelumnya, hal ini kami belum bisa melayani karena terbentur dengan rencana kerja dan rencana anggaran yang dibuat dan telah kita sepakati bersama yaitu batas minimum pemberian kredit. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menjadi rumusan masalah: “Bagaimana peran koperasi dalam mensejahterakan anggotanya di Koperasi Niaga Remaja Indramayu?”, “Bagaimana mekanisme pelayanan simpan pinjam di Koperasi Niaga Remaja Indramayu?”, dan “Bagaimana pandangan hukum ekonomi syariah terhadap peran koperasi terhadap pelayanan simpan pinjam dalam meningkatkan kesejahteraan anggota di Koperasi Niaga Remaja Indramayu?. Peneitian ini menggunakan peneitian kualitatif, data yang dikumpulkan dengan cara interview (wawancara), observasi, doumentasi kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analisis. Adapun hasil dari penelitian ini: koperasi berperan penting dalam mensejahterakan anggotanya dengan memahami apa yang diharapkan anggota nya dengan meningkatkan pembinaan/penyuluhan baik mental maupun spiritual secara individu ataupun secara kelompok, terkait tentang Pada mekanisme simpan pinjam yang ada di koperasi yakni para karyawan tentu saja harus memahami prosedur yang sudah ditetapkan, seperti diawali dengan mengisi formulir pinjaman, lalu surat permohonan masuk ke bendahara koperasi, lalu jika pinjaman telah di setujui oleh ketua koperasi. Koperasi niaga remaja indramayu dalam hal meminjamkan dana sejumlah yang diinginkan oleh para anggotanya disesuaikan dengan peraturan yang telah dibuat pada koperasi. bahwa tambahan (bunga) dalam koperasi simpan pinjam bukan termasuk riba, maka hukumnya adalah mubah (boleh). Tentu saja besaran bunga pinjaman dari koperasi ditetapkan berdasarkan musyawarah dan keadilan, tidak ada yang merugikan dan tidak ada pula yang dirugikan. Kata Kunci: Peran, Koperasi dan simpan pinjam.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 30 Jan 2024 02:59
Last Modified: 30 Jan 2024 02:59
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12568

Actions (login required)

View Item View Item