PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEMEGANG HAK PERLINDUNGAN VARIETAS TANAMAN MANGGIS WANAYASA PD. GANDA MEKAR DAN POTENSI EKONOMI BAGI MASYARAKAT DESA CIBUNTU KECAMATAN WANAYASA KABUPATEN PURWAKARTA

YAYAH RATNASARI, Y (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEMEGANG HAK PERLINDUNGAN VARIETAS TANAMAN MANGGIS WANAYASA PD. GANDA MEKAR DAN POTENSI EKONOMI BAGI MASYARAKAT DESA CIBUNTU KECAMATAN WANAYASA KABUPATEN PURWAKARTA. Bachelor thesis, S1 Hukum Ekonomi Syariah IAIN SNJ.

[img]
Preview
Text
1908202070_1_cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202070_2_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202070_6_bab5.pdf

Download (789kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202070_7_dafpus.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

YAYAH RATNASARI. NIM 1908202070, “PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEMEGANG HAK PERLINDUNGAN VARIETAS TANAMAN MANGGIS WANAYASA PD. GANDA MEKAR DAN POTENSI EKONOMI BAGI MASYARAKAT DESA CIBUNTU KECAMATAN WANAYASA KABUPATEN PURWAKARTA”, 2022. Terciptanya suatu varietas baru yang unggul tidak terlepas dari kegiatan pemuliaan tanaman yang dilakukan oleh pemulia berdasarkan kemampuan intelektualnya sehingga perlu adanya perlindungan hukum bagi pemulia sebagai pemegang hak atas varietas tersebut. Perlindungan hukum yang diberikan kepada pemegang hak varietas tanaman bertujuan untuk memberikan kepastian hukum. Selain itu untuk memberikan penghargaan dan mencegah adanya pihak yang dengan sengaja serta tidak bertanggung jawab sehingga dapat merugikan pemegang hak varietas tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap pemegang hak perlindungan varietas tanaman manggis wanayasa PD. Ganda Mekar dalam perspektif Undang-undang Nomor 29 Tahun 2000 tentang Perlindungan Varietas Tanaman dan potensi ekonomi masyarakat Desa Cibuntu Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta melalui tanaman manggis wanayasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif yang berasal dari sumber data primer dan data sekunder. Data tersebut diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi dengan melalui proses analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa adanya proses sertifikasi benih yang dilakukan oleh PD. Ganda Mekar menjadikan tanaman manggis varietas wanayasa diakui sebagai benih bina dan keberadaan PD. Ganda Mekar diakui sebagai pemulia dan pemegang hak serta produsen benih manggis bersertifikat sesuai dengan ketentuan dalam Undang-undang Nomor 12 Tahun 1992 tentang Sistem Budidaya Tanaman. Ditinjau berdasarkan Undang-undang Nomor 29 Tahun 2000 tentang Perlindungan Varietas Tanaman menunjukan bahwa PD. Ganda Mekar sebagai pemegang hak dari tanaman manggis wanayasa belum memenuhi persyaratan untuk mendapatkan perlindungan varietas tanaman dikarenakan PD. Ganda Mekar belum mendaftarkan perlindungan varietas tanaman manggis wanayasa ke Kantor PVT. Selain itu hasil panen yang diperoleh dari manggis wanayasa setiap musimnya dapat mencukupi kebutuhan hidup dan meningkatkan taraf perekonomian bagi masyarakat yang berprofesi sebagai petani manggis di Desa Cibuntu Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta. Kata Kunci: Hak Perlindungan Varietas Tanaman, Manggis Wanayasa dan Potensi Ekonomi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:39
Last Modified: 30 Jan 2024 07:39
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12597

Actions (login required)

View Item View Item