Pembelajaran Aktif Model TPS (Think Pair Share) Dalam MeningkatkanProses Dan Hasil Belajar PAI Pada Siswa SMK Wahidin Kota Cirebon

Aryanto, (2019) Pembelajaran Aktif Model TPS (Think Pair Share) Dalam MeningkatkanProses Dan Hasil Belajar PAI Pada Siswa SMK Wahidin Kota Cirebon. Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAPUS.pdf

Download (205kB) | Preview

Abstract

Salah satu masalah yang dihadapi dalam dunia pendidikan saat ini adalah lemahnya proses pembelajaran dan masih berpusatnya pembelajaran pada guru ( teacher centered ), yang berimplikasi pada rendahnya proses dan hasil belajar siswa. Alternatif menyikapi kendala tersebut salah satunya dengan menerapkan pembelajaran yang berpusat pada siswa ( student centered ) yaitu dengan pengaplikasian pembelajaran aktif model TPS (Think Pair Share). SMK Wahidin Kota Cirebon berdasarkan penelitian awal yang dilakukan oleh penulis, guru bidang studi PAI di SMK Wahidin Kota Cirebon sering menerapkan ceramah dan diskusi kelompok dalam proses pembelajaran, tetapi pelaksanaan diskusi hanya didominasi oleh siswa pintar saja, sedangkan siswa yang kurang mempunyai kemampuan tidak memiliki kesempatan untuk mengembangkan potensinya sehingga aktivitas siswa hanya didominasi oleh siswa-siswi tertentu saja. Oleh karena itu penulis tertarik melakukan penelitian tentang pembelajaran aktif model TPS (Think Pair Share) dalam peningkatan proses dan hasil belajar PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran aktif model TPS (Think Pair Share) pada pembelajaran PAI di SMK Wahidin Kota Cirebon, Untuk menjelaskan perbedaan pembelajaran PAI antara siswa yang mendapatkan pembelajaran aktif model TPS (Think Pair Share) dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran diskusi kelompok konvensional di SMK Wahidin Kota Cirebon, mendeskripsikan perbedaan proses belajar antara siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pembelajaran aktif model TPS (Think Pair Share) dan siswa yang mendapatkan pembelajaran diskusi kelompok pada pelajaran PAI di SMK Wahidin Kota Cirebon Penelitian ini menitikberatkan pada penelitian lapangan (field research) kuantitatif dengan metode penelitiaan yang digunakan yaitu quasi experiment. Dalam pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, angket, tes dan studi pustaka. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 70 siswa. Analisis data di lakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran PAI di kelas eksperimen yang diberikan perlakuan (treatment) pembelajaran aktif model TPS (Think Pair Share) yaitu 68,7 sedangkan kelas control dengan pembelajran diskusi konvensional biasa 50,2 hal ini memberikan indikator bahwa aktivitas belajar di kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas control. Pemahaman PAI pada saat pre test kelas eksperimen 41.60, kelas control 42.28, setelah di berikan treatment pembelajaran aktif model TPS (Think Pair Share) menunjukkan rata- rata kelas eksperimen 79,31 dan kelas control 60.45, dengan N Gain 0,65 untuk kelas eksperimen dan 0,31 untuk kelas control, deskripsi numerical tersebut memberi gambaran pembelajaran aktif model TPS (Think Pair Share) berpengaruh positif terhadap pemahaman PAI siswa.Sedangkan tanggapan siswa terhadap pembelajaran aktif model TPS (Think Pair Share) yang diukur menggunakan angket menunjukkan 86 % siswa setuju pembelajaran aktif model TPS (Think Pair Share) merupakan model pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan apabila diterapkan pada pembelajaran PAI. Kata Kunci : Pembelajaran aktif model TPS (Think Pair Share), Meningkatkan Proses, Hasil Belajar Siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 05 Feb 2024 07:32
Last Modified: 05 Feb 2024 07:32
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12606

Actions (login required)

View Item View Item