Analisis Upaya Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Pada Produk Murabahah Di Masa Pandemi Covid- 19 Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus di Unit Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah Baitul Maal wa Tamwil Manbaul Ulum)

Minchatul Hasna Asy’ari, M (2023) Analisis Upaya Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Pada Produk Murabahah Di Masa Pandemi Covid- 19 Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus di Unit Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah Baitul Maal wa Tamwil Manbaul Ulum). Bachelor thesis, S1 - HUKUM EKONOMI SYARIAH IAIN SYEKH NURJATI.

[img]
Preview
Text
1908202080_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202080_2_bab1.pdf

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202080_6_bab5.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202080_7_dafpus.pdf

Download (486kB) | Preview

Abstract

Minchatul Hasna Asy’ari. NIM 1908202080. “Analisis Upaya Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Pada Produk Murabahah Di Masa Pandemi Covid- 19 Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus di Unit Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah Baitul Maal wa Tamwil Manbaul Ulum)”, 2023. Pembiayaan bermasalah yang terjadi di USPPS BMT Manbaul Ulum khususnya pada produk pembiayaan murabahah merupakan suatu risiko kemacetan dalam penyaluran pembiayaan. Pelaksanaan penyaluran pembiayaan di samping memperhatikan kelayakan anggota juga diharuskan memperhatikan prinsip syariah dan prinsip kehati-hatian. Di masa pandemi COVID-19 saat ini pembiayaan bermasalah yang terjadi pada pembiayaan murabahah ini disebabkan karena kondisi ekonomi anggota yang tidak stabil dikarenakan kondisi pandemi COVID-19 yang membatasi aktivitas anggota untuk menjalankan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menjadi rumusan masalah. “Bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah terkait penyelesaian pembiayaan bermasalah pada produk murabahah di masa pandemi COVID-19 pada USPPS BMT Manbaul Ulum”. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, data yang dikumpulkan dengan cara interview (wawancara), observasi, dokumentasi kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analisis. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan pada USPPS BMT Manbaul Ulum di Kabupaten Cirebon, penulis menyimpulkan bahwa faktor penyebab terjadinya pembiayaan bermasalah pada produk pembiayaan murabahah di masa pandemi COVID-19 ada 2 faktor yaitu internal seperti kesalahan pada BMT itu sendiri d alam menganalisis data anggota serta ketidaktelitian pegawai BMT, sedangkan faktor eksternal terjadi pada anggota itu sendiri seperti perubahan kondisi ekonomi, bencana alam dan penyelahgunaan dana oleh anggota. Kemudian upaya penyelesaian pembiayaan bermasalah pada pembiayaan murabahah di USPPS BMT Manbaul Ulum Cirebon, menggunakan beberapa tahapan penyelesaian yaitu call collection, pemberian surat peringatan, rescheduling, restructuring, penerapan sanksi denda dan eksekusi jaminan. Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terkait penyelesaian pembiayaan bermasalah pada produk murabahah di masa pandemi COVID-19 pada USPPS BMT Manbaul Ulum telah sesuai dengan Fatwa DSN-MUI dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah. Kata kunci: Pembiayaan Bermasalah, Pembiayaan Murabahah, USPPS BMT Manbaul Ulum, Hukum Ekonomi Syariah

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Feb 2024 08:05
Last Modified: 06 Feb 2024 08:05
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12628

Actions (login required)

View Item View Item