ANALISIS IMPLEMENTASI AKAD MURABAHAH DALAM PEMBIAYAAN MODAL KERJA DAGANG TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus di KSPPS Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) NU Sejahtera KC Losari Kab Cirebon)

Waryuni, W (2022) ANALISIS IMPLEMENTASI AKAD MURABAHAH DALAM PEMBIAYAAN MODAL KERJA DAGANG TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus di KSPPS Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) NU Sejahtera KC Losari Kab Cirebon). Bachelor thesis, S1 Hukum Ekonomi Syariah IAIN SNJ.

[img]
Preview
Text
1908202125_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202125_2_bab1.pdf

Download (949kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202125_6_bab5.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202125_7_dafpus.pdf

Download (776kB) | Preview

Abstract

Mayoritas dari penduduk Indonesia adalah beragama Islam maka tidak heran banyak produk syariah salah satunya di bidang ekonomi. Lembaga keuangan syariah adalah sebagai suatu sistem yang dimana menerapkan prinsip�prinsip ekonomi yang didasarkan pada nilai-nilai Islam. Dalam pembiayaan di KSPPS Baitul Maal wa Tamwil NU Sejahtera KC Losari Kab Cirebon mayoritas dari anggotanya menggunakan pembiayaan akad murabahah. Untuk keperluan modal perdagangan atau peningkatan utility of palace dari suatu barang. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dari pertanyaan-pertanyaan yang menjadi rumusan masalah: “Bagaimana penerapan akad murabahah Bagaimana dalam pengajuan pembiayaan modal kerja dagang di KSPPS BMT NU Sejahtera KC Losari Kab Cirebon, Bagaimana tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap implementasi akad murabahah dalam pembiayaan modal kerja dagang di KSPPS BMT NU Sejahtera KC Losari Kab Cirebon”. Penelitian ini menggunakan penelitian Kualititatif, data yang dikumpulkan dengan wawancara, observasi, dokumentasi kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analisis. implementasi akad murabahah pada pembiayaan KSPPS BMT NU Sejahtera KC Losari Kab Cirebon pada umumnya sudah sesuai dengan prinsip syariah dan hukum yang berlaku. Dalam penerapan akad murabahah ini juga sudah memenuhi rukun dan syarat yang ada dalam murabahah. Hal ini akan menimbulkan ketidakjelasan apakah calon anggota benar menggunakan dana tersebut untuk membeli barang untuk tambah modal atau digunakan untuk yang lainnya. Akibat dari ketidakjelasan barang tersebut memungkinkan calon anggota untuk membeli barang yang dilarang syariah atau tidak sesuai dengan kesepakatan dan dianggap tidak sah. Dikenakan juga denda atau biasa disebut dengan kifarat akad bagi anggota yang menunda-nunda melakukan pembayaran angsuran pembiayaan. Beberapa tahapan pengajuan pembiayaan murabahah di KSPPS BMT NU Sejahtera KC Losari Kab Cirebon adalah sebagai berikut: Anggota yang ingin mengajukan pembiayaan murabahah datang ke Baitul Maal Wa Tamwil NU Sejahtera untuk mendapatkan informasi pembiayaan murabahah. Baitul Maal Wa Tamwil Nusa Umat Sejahtera memberikan syarat�syarat yang harus terpenuhi oleh anggota untuk mendapatkan pembiayaan murabahah yang terdiri dari mengisi formulir permohonan anggota dan pembiayaan, fc KTP suami dan istri atau wali, fc KK, fc jaminan dan lain sebagainya. Kata Kunci : Akad murabahah, Pembiayaan, Modal kerja Dagang

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 07 Feb 2024 04:19
Last Modified: 07 Feb 2024 04:19
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12652

Actions (login required)

View Item View Item