Peran Sertifikasi Halal Perspektif Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal Dan Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus Pada Usaha Bakso Kliwon Di Desa Jatiwangi Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka)

Neng Ratna Ayu Komala Sari, (2024) Peran Sertifikasi Halal Perspektif Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal Dan Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus Pada Usaha Bakso Kliwon Di Desa Jatiwangi Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka). Bachelor thesis, S1 Hukum Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1908202107_1_cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202107_2_bab1.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202107_6_bab5.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202107_7_dafpus.pdf

Download (242kB) | Preview

Abstract

Sertifikasi Halal merupakan bukti pengakuan kehalalan suatu produk yang dikeluarkan oleh Badan Penyelenggara Produk Halal (BPJPH) berdasarkan fatwa tertulis Majelis Ulama Indonesia (MUI), yang memberikan pengakuan secara legal dan formal bahwa produk yang ditawarkan kepada masyarakat memenuhi ketentuan halal yang telah ditetapkan berdasarkan syariat islam. Sertifikasi halal bertujuan memberikan jaminan kehalalan kepada konsumen agar merasa aman, nyaman dan terlindungi atas produk yang beredar di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dari pertanyaan-pertanyaan yang menjadi rumusan masalah: Bagaimana peran sertifikai halal menurut perspektif Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal dan Hukum Ekonomi Syariah terhadap pengembangan usaha Bakso Kliwon, Bagaimana konsistensi bakso Kliwon dalam melakukan sertifikasi halal, Bagaimana dampak pasca penerapan sertifikasi halal terhadap perkembangan usaha Bakso Kliwon. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Informan penelitian ini berjumlah beberapa informan yakni pemilik dari warung Bakso Kliwon dan Konsumen Bakso Kliwon Jatiwangi. Jenis penelitian yang dilakukan, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini disajikan dengan metode deskriptif ana-lisis: Pertama, Adanya sertifikat halal pada warung Bakso Kliwon Jatiwangi ber-peran sudah sesuai dengan ketentuan yang ada di dalam Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal dapat memberikan jaminan keyakinan halal untuk konsumen terutama konsumen muslim terhadap kehalalan Bakso Kliwon Jatiwangi. Kedua, Dapat meningkatkan penjualan Bakso Kliwon Jatiwangi karena konsumen tidak merasa ragu lagi terhadap warung Bakso Kliwon Jatiwangi karena tetap konsisten melakukan sertifkasi halal. Ketiga, Mendapatkan peluang unuk mengembangkan usaha lebih luas lagi dengan mem-iliki izin kehalalan yang sudah terjamin dengan memiliki sertifikat halal yang menjadi poin tambahan unruk bisa bersaing di pasar global. Kata Kunci: Sertifikasi halal, Undang-Undang dan Hukum Ekonomi Syariah

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 01 Mar 2024 07:46
Last Modified: 01 Mar 2024 08:16
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12701

Actions (login required)

View Item View Item