Analisis Status Hukum Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Pada Koperasi Harapan Sejahtera Iain Syekh Nurjati Cirebon Perspektif Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian Dan Hukum Ekonomi Syariah

Diah Alfia Rohmatika, (2024) Analisis Status Hukum Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Pada Koperasi Harapan Sejahtera Iain Syekh Nurjati Cirebon Perspektif Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian Dan Hukum Ekonomi Syariah. Bachelor thesis, S1 Hukum Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
2008202002_1_cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2008202002_2_bab1.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2008202002_6_bab5.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2008202002_7_dafpus.pdf

Download (524kB) | Preview

Abstract

Koperasi merupakan bentuk perusahaan organisasi dimana tujuan utamanya bukan mencari keuntungan tetapi mencari kesejahteraan para anggotanya. Pada koperasi Harapan Sejahtera IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam badan hukumnya yaitu koperasi dan status hukumnya yaitu tercantum dan sesuai dengan undang-undang nomor 25 tahun 1992 tentang perkoperasian dan memahami dan megidentifikasi Eksistensi koperasi Harapan Sejahtera IAIN Syek Nurjati Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Badan hukum koperasi simpan pinjam pembiayaan syariah Harapan Sejahtera IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam memperoleh status hukum, status hukum koperasi simpan pinjam pembiayaan syariah Harapan Sejahtera IAIN Syekh Nurjati Cirebon Menurut Undang-undang nomor 25 tahun 1992, serta pandangan hukum ekonomi syariah terhadap Eksistentesi koperasi smpan pinjam pembiayaan syariah Harapan Sejahtera IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Studi penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan empiris serta jenis penelitian ini menggunakan teknik wawancara, teknis observasi dan studi pustaka. Adapun hasil dari penelitian ini bahwa koperasi Harapan Sejahtera IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam sistem badan hukumnya dalam memperoleh status hukum sudah ada dan badan hukumnya yaitu koperasi, untuk status hukumnya yaitu undang-undang nomor 25 tahun 1992 tentang perkoperasian, dalam eksistensi tersebut di dalamnya mencakup berbagai maca yaitu tentang keadaan koperasi,strukturnya, sistem pembiayaannya , dalam pembiayaannya mengalami peningkatan setiap tahunnya yang ada pada koperasi harapan sejahtera IAIN Syekh Nurjati Cirebon, dan sangat penting bagi perekonomian masyarakat untuk kesejateraan bersama. Dan berpandangan pada undang-undang, pacasila, al-Qur‟an dan hadist dalam memperoleh status hukum dan ekonomi syariah. Kata kunci: Koperasi Harapan Sejahtera IAIN Syekh Nurjati Cirebon, undang-undang nomor 25 tahun 1992.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 01 Mar 2024 08:49
Last Modified: 01 Mar 2024 09:01
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12710

Actions (login required)

View Item View Item