Pengaruh Literasi Keuangan, Uang Saku Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Pembelian Menggunakan Aplikasi Bsi Mobile Pada Generasi Z Di Kota Cirebon

Shaffinatun Naja’ Putrianto Wicaksana, (2023) Pengaruh Literasi Keuangan, Uang Saku Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Pembelian Menggunakan Aplikasi Bsi Mobile Pada Generasi Z Di Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
2008203091_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2008203091_2_bab1.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2008203091_6_bab5.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2008203091_7_dafpus.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

Perilaku pembelian merupakan kecenderungan suatu individu untuk membeli suatu produk tanpa batas. Timbulnya perilaku pembelian pada individu didukung oleh berbagai faktor, baik faktor internal maupun eksternal seperti rendahnya literasi keuangan suatu individu, jumlah dan pengelolaan uang saku yang diterima dan gaya hidup yang diterapkan oleh individu tersebut selain itu kemudahan teknologi yang ada saat ini menjadi faktor yang paling mendukung generasi Z melakukan perilaku pembelian. Sehingga dari permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan antara literasi keuangan, uang saku dan gaya hidup terhadap perilaku pembelian menggunakan aplikasi BSI Mobile pada generasi Z di Kota Cirebon. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini yaitu generasi Z di Kota Cirebon berjumlah 96 responden. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dan studi kepustakaan. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptf, analisis statistik berupa uji validitas dan uji realibilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji koefisien determinasi (R 2 ) serta uji hipotesis berupa uji t (parsial) dan uji F (simultan) dengan menggunakan SPSS Statistics Versi 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku pembelian menggunakan aplikasi BSI Mobile, terdapat pengaruh positif dan signifikan uang saku terhadap perilaku pembelian menggunakan aplikasi BSI Mobile dengan nilai t hitung > t tabel (3.818 > 1.661), terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya hidup terhadap perilaku pembelian menggunakan aplikasi BSI Mobile dengan nilai t hitung > t tabel (9,926 > 1.661) dan nilai signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05. Secara simultan, literasi keuangan, uang saku dan gaya hidup bersama-sama mempengaruhi perilaku pembelian menggunakan aplikasi BSI Mobile dengan konstribusi sebesar 78,6% sedangkan sisanya yaitu sebesar 21,4% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh penulis. Kata kunci: Literasi Keuangan, Uang Saku, Gaya Hidup, dan Perilaku Pembelian

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 01 Mar 2024 09:02
Last Modified: 01 Mar 2024 09:02
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12752

Actions (login required)

View Item View Item