IMPLEMENTASI ASAS KEPENTINGAN UMUM SEBAGAI SALAH SATU ASAS-ASAS PEMERINTAHAN YANG BAIK DALAM PELAKSANAAN PROGRAM VAKSINASI COVID-19(Studi Kasus Desa Cikeusal Kec. Talaga Kabupaten Majalengka)

Emma Rahmayanti, (2023) IMPLEMENTASI ASAS KEPENTINGAN UMUM SEBAGAI SALAH SATU ASAS-ASAS PEMERINTAHAN YANG BAIK DALAM PELAKSANAAN PROGRAM VAKSINASI COVID-19(Studi Kasus Desa Cikeusal Kec. Talaga Kabupaten Majalengka). Bachelor thesis, S1 Hukum Tata Negara Islam IAIN SNJ.

[img]
Preview
Text
1808206032_1_cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808206032_2_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808206032_6_bab5.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808206032_7_dafpus.pdf

Download (796kB) | Preview

Abstract

Partisipasi masyarakat mulai dari perencanaan dalam pengiplementasian asas kepentingan umum menjadi hal yang utama untuk dijalankan demi adanya transparansi dan meminimalisir tindak penyimpangan program yang tidak tepat sasaran dengan apa yang telah direncanakan. Asas-Asas Umum Pemerintahan yang baik (AAUPB) di pemerintah daerah dilakukan pada semua sektor, terkhusus di layanan sektor pelayanan. Terkait dengan penanggulangan wabah Covid-19 pada saat itu, pemerintah memrogamkan vaksinasi bagi seluruh warga negara. Sebetulnya, sistem kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit bisa terbentuk secara alami saat seseorang terinfeksi virus atau bakteri penyebabnya. Namun, infeksi virus corona memiliki resiko kematian dan daya tular yang tinggi. Maka diperlukan cara lain untuk membentuk sistem kekebalan tubuh, yaitu vaksinasi. Desa Cikeusal kecamatan Majalengka merupakan salah satu yang menjalankan vaksinasi covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi dari asas kepentingan umum sebagai salah satu asas-asas pemerintahan yang baik dalam program vaksinasi covid-19 di Desa Cikeusal kecamatan Majalengka. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan analisis studi kasus. Pengambilan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kualitatif deskriprif melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi dari asas kepentingan umum sebagai salah satu asas-asas pemerintahan yang baik dalam program vaksinasi covid-19 di Desa Cikeusal kecamatan Majalengka terlaksana dengan baik. Hanya saja dalam proses vaksinasi masih terdapat masyarakat yang tidak percaya akan adanya covid-19 dan ada yang takut dengan virus ini. Untuk itu diharapkan kedepannya pemerintah Desa Cikeusal dan layanan Kesehatan perlu melakukan upaya dalam memberikan pemahaman lebih kepada masyarakat mengenai pentingnya melakukan Vaksin Virus Covid-19. Kata Kunci: Vaksinasi Covid 19, Asas-asas Pemerintahan yang Baik, Desa Cikeusal

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 01 Mar 2024 09:22
Last Modified: 01 Mar 2024 09:22
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12769

Actions (login required)

View Item View Item