TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP POLA ASUH PERMISIF PADA ANAK DI BAWAH UMUR (Studi Kasus di Kelurahan Gempolsari Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung)

Haedar Ma'sum, (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP POLA ASUH PERMISIF PADA ANAK DI BAWAH UMUR (Studi Kasus di Kelurahan Gempolsari Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung). Bachelor thesis, S1 Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syahsyiyyah) IAIN SNJ.

[img]
Preview
Text
1908201087_1_cover.pdf

Download (811kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908201087_2_bab1.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908201087_6_bab5.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908201087_7_dafpus.pdf

Download (238kB) | Preview

Abstract

Melindungi hak-hak anak merupakan kewajiban dan tanggung jawab dari kedua orang tua dan hal tersebut merupakan peranan terbesar dari kedua orang tua untuk tumbuh kembang anak. Maka orang tua harus menerapkan pola asuh yang paling tepat untuk anaknya. Dari beberapa pola asuh peneiti memilih pola asuh permisif untuk diteliti pola asuh permisif memiliki arti suatu gaya pengasuhan yang terpusat pada anak. Orang tua permisif memberikan kebebasan kepada anak melakukan berbagai hal sesuka hati serta sedikit tuntutan dan pengawasan sehingga menghilangkan fungsi keluarga dalam bertanggung jawab mendidik dan membimbing anak. Berdasarkan hal tersebut penulis tertarik untuk mendalami pandangan hukum Islam terkait pemeliharaan anak menggunakan pola asuh permisif serta dampak yang ditimbulkan dari penerapan pola asuh permisif terhadap anak dibawah umur di Kelurahan Gempolsari Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan hukum Islam terhadap pola asuh permisif pada anak dibawah umur, dan mengetahui dampak yang timbul terhadap anak dari pola asuh permisif di Kelurahan Gempolsari Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung. Lalu penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu metode penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati, data yang dikumpulkan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini, penerapan pola asuh permisif menurut pandangan hukum Islam tidak relevan jika di terapkan dalam mengasuh anak karena dalil dan teori pada pola asuh permisif bertolak belakang sehingga jika diterapkan akan menimbulkan dampak tidak kondusif bagi pembentukan karakter anak, mendorong terjadinya kenakalan anak, cenderung mengakibatkan anak berperilaku agresif, kurang mandiri, mempunyai perasaan cemas, dan rendah kecerdasan emosi. Pola asuh permisif yang dicirikan dengan kurangnya pengawasan dan bimbingan orang tua terhadap anak tidak sesuai dengan pengasuhan anak dalam pandangan hukum Islam sebab orang tua mempunyai kewajiban mendidik, membimbing, dan mencegah anak melakukan perbuatan yang buruk. Kata Kunci: Pola asuh, Permisif, Hukum Islam

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syahsyiyyah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 04 Mar 2024 03:54
Last Modified: 04 Mar 2024 03:54
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12780

Actions (login required)

View Item View Item