MANAJEMEN RISIKO KOPERASI SYARIAH TERHADAP ANGGOTA YANG INGKAR JANJI PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus di Koperasi Syariah Simpan Pinjam Alfa Maratus Shalihah Kecamatan Pekalipan Kota Cirebon)

Berlian Pertiwi, (2023) MANAJEMEN RISIKO KOPERASI SYARIAH TERHADAP ANGGOTA YANG INGKAR JANJI PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus di Koperasi Syariah Simpan Pinjam Alfa Maratus Shalihah Kecamatan Pekalipan Kota Cirebon). Bachelor thesis, S1- Hukum Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
2008202057_1_cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2008202057_2_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2008202057_6_bab5.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2008202057_7_dafpus.pdf

Download (657kB) | Preview

Abstract

Koperasi Syariah Simpan Pinjam Alfa Maratus Shalihah terbentuk dari gerakan sosial yang diharapkan ikut berpartisipasi berdakwah di bidang ekonomi syariah yang bertujuan untuk kemaslahatan umat. Realita yang terjadi di Koperasi Syariah Simpan Pinjam Alfa Maratus Shalihah tidak dapat dipungkiri bahwa pemberian pembiayaan kepada anggota yang dilandaskan dengan kepercayaan selalu dihadapkan dengan risiko tidak terpenuhinya perjanjian atau Ingkar Janji, tentunya untuk menghadapi risiko tersebut koperasi harus memiliki upaya memanajemen risiko. Manajemen Risiko merupakan bagian penting dari strategi menangani dan meminimalisir terjadinya risiko. Peneliti memiliki tujuan untuk mengetahui manajemen risiko yang terjadi di Koperasi Syariah Simpan Pinjam Alfa Maratus Shalihah dalam meminimalisir terjadinya risiko salah satunya yaitu tidak terpenuhinya perjanjian yang disepakati ketika akad atau anggota yang ingkar janji. Metode yang digunakan penulis adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis yang bersifat studi kasus dan dilengkapi oleh sumber data primer dan sekunder. Pihak Koperasi Syariah Simpan Pinjam Alfa Maratus Shalihah untuk menghadapi risiko anggota yang ingkar janji dalam implementasi manajemen risiko supaya meminimalisir terjadinya risiko anggota yang ingkar janji tentunya memiliki upaya-upaya yang dihadapi. Manajemen Risiko anggota yang ingkar janji juga telah diketahui apa saja faktor-faktor penyebab ingkar janji baik faktor internal ataupun eksternal yang terjadi di Koperasi Syariah Simpan Pinjam Alfa Maratus Shalihah, kemudian ingkar janji dalam pandangan Hukum Ekonomi Syariah yang terjadi di Koperasi Syariah Simpan Pinjam Alfa Maratus Shalihah juga sudah sesuai dengan syariah melalui Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah (KHES) serta kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh Koperasi itu sendiri. Kata Kunci: Koperasi Syariah, Manajemen, Risiko, Ingkar Janji.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 04 Mar 2024 04:17
Last Modified: 04 Mar 2024 04:18
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12784

Actions (login required)

View Item View Item