PERBANDINGAN PEMBELAJARAN TERJEMAH AL-QUR’AN METODE AMIR & METODE ISTIQLAL (Studi Multikasus Di Pondok Pesantren Badrussalam & Pondok Pesantren Tarbiyatul Banin Cirebon)

Danu Akbar, (2023) PERBANDINGAN PEMBELAJARAN TERJEMAH AL-QUR’AN METODE AMIR & METODE ISTIQLAL (Studi Multikasus Di Pondok Pesantren Badrussalam & Pondok Pesantren Tarbiyatul Banin Cirebon). Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (812kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (623kB) | Preview

Abstract

Danu Akhbar: PERBANDINGAN PEMBELAJARAN TERJEMAH AL-QUR’AN METODE AMIR & METODE ISTIQLAL (Studi Multikasus Di Pondok Pesantren Badrussalam & Pondok Pesantren Tarbiyatul Banin Cirebon). Beragamnya metode pembelajaran yang berkembang dan diterapkan dalam pembelajaran terjemah alqur’an di pondok pesantren untuk memudahkan pesertadidik dalam memahami terjemah alquran dan untuk menciptakan suasana belajar terjemah alquran yang efektif, kreatif dan inovatif, maka peneliti tertarik untuk mengangkat sebuah permasalahan yang berhubungan dengan perbandingan pembelajaran terjemah alquran. Masalah Topik penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran terjemah alquran dengan menggunakan metode amir dan metode istiqlal, kemudian bagaimana perbedaan dan persamaan nya dan yang terakhir adalah bagaimana kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada kedua metode tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana evaluasi yang dapat dilakukan setelah mengetahui beberapa perbandingan mengenai metode terjemah alquran yaitu berkaitan dengan bagaimana proses pembelajarannya, bagaimana perbedaan dan persamaanya serta bagaimana kelebihan dan kekurangannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa proses yang dilakukan dalam pembelajaran terjemah al quran metode AMIR menggunakan prinsip arbain, murojaah, iadah dan riayah, sedangkan untuk metode istiqlal dengan menggunakan sistem 40 jam terjemah alquran perkata, selanjutnya Perbedaannya yaitu terletak pada prinsip, materi, sistem pembelajaran, sistem pengulangan dan sistem evaluasi adapun persamaannya terletak pada proses, metode penerjemahan dan tujuan pembelajaran. kemudian Kelebihan dan kekurangannya yaitu metode amir memiliki kelebihan prinsip pembelajaran yang sistematis sedangkan metode istiqlal metode praktis, cepat dan mudah. Kekurangannya adalah metode amir membutuhkan waktu dan tenaga yang besar sedangkan metode istiqlal harus memiliki syarat dan ketentuan seperti harus memahami tata pemahaman kaidah bahasa arab. Kata Kunci: Pembelajaran terjemah Alquran, Metode Amir, Metode istiqlal

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 06 Mar 2024 02:05
Last Modified: 06 Mar 2024 02:05
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12813

Actions (login required)

View Item View Item