Efektivitas Nazhir Dalam Manajemen Pengelolaan Wakaf Menurut Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf (Studi Kasus Pada Lembaga Wakaf Dan Pertanahan Nahdlatul Ulama (LWPNU) Kabupaten Cirebon)

Mar’atus Sholihah, (2023) Efektivitas Nazhir Dalam Manajemen Pengelolaan Wakaf Menurut Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf (Studi Kasus Pada Lembaga Wakaf Dan Pertanahan Nahdlatul Ulama (LWPNU) Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, S1 Hukum Ekonomi Syariah IAIN SNJ.

[img]
Preview
Text
1908202108_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202108_2_bab1.pdf

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202108_6_bab5.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202108_7_dafpus.pdf

Download (441kB) | Preview

Abstract

Manajemen diperlukan sebagai upaya agar kegiatan pengelolaan wakaf dapat berjalan secara efektif dan efisien. Dalam mengembangkan wakaf kualitas pengelolaan wakaf ditopang oleh nazhir yang memiliki pengetahuan tentang manajemen wakaf, memiliki pengetahuan tentang prinsip ekonomi dan keuangan syariah dan memiliki kemampuan memngelola keuangan secara profesional sesuai dengan prinsip syariah, serta memiliki kemampuan melakukan investasi harta wakaf. Pengelolaan Wakaf di LWPNU Kabupaten Cirebon, peran nazhir belum begitu terlihat dengan menghadapi beberapa kendala dalam penerapannya. Kurangnya perencanaan oleh nazhir terhadap harta benda wakaf menyebabkan pengelolaan tanah wakaf menjadi tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan mengetahui manajemen pengelolaan wakaf di LWPNU Kabupaten Cirebon, efektivitas nazhir dalam manajemen pengelolaan wakaf di LWPNU Kabupaten Cirebon perspektif undang-undang nomor 41 tahun 2004, dan faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan wakaf di LWPNU Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data yang dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Serta untuk teknis analisis menggunakan tiga langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkanManajemen Pengelolaan Wakaf di LWPNU sangat efektif dengan menggunakan 4 aspek manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pergerakan dan pengawasan.Dan pengelolaan tanah wakaf oleh nazhir LWPNU menurut undang-undang nomor 41 tahun 2004 tentang wakaf dalam rangka mensejahterakan umat belum berjalan secara efektif dikarenakan ada beberapa aset wakaf yang belum lengkap administrasinya dan karena masih kurangnya pemahaman mengenai tugas nazhir seperti yang tercantum pada undang-undang nomor 41 tahun 2004 tentang wakaf.Dalam pengelolaan wakaf di LWPNU Kabupaten Cirebon terdapat faktor pendukung secara internal dan eksternal dan faktor penghamabat secara internal dan eksternal. Kata kunci: Efektivitas, Nazhir, Manajemen, Waka

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Mar 2024 04:12
Last Modified: 06 Mar 2024 04:12
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12819

Actions (login required)

View Item View Item