Pengaruh Digital Marketing Terhadap Kinerja Pemasaran Umkm Dengan Intellectual Capital Sebagai Variabel Mediasi Di Desa Sampora Kabupaten Kuningan

Kusnadi, (2023) Pengaruh Digital Marketing Terhadap Kinerja Pemasaran Umkm Dengan Intellectual Capital Sebagai Variabel Mediasi Di Desa Sampora Kabupaten Kuningan. Bachelor thesis, S1 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908204107_1_cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204107_2_bab1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204107_6_bab5.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204107_7_dafpus.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Era ekonomi digital telah memasuki negara-negara di seluruh dunia termasuk Indonesia. Saat ini ekonomi digital menjadi sangat penting bagi kelangsungan kegiatan perdagangan di dunia. Dengan semakin berkembangnya teknologi, persaingan UMKM pun menjadi semakin ketat dan kompetitif. Agar dapat bersaing secara kompetitif, maka para pelaku usaha dituntut untuk memiliki kinerja pemasaran yang baik demi tercapainya keberhasilan usaha dan kelangsungan hidup perusahaan. Adapun kinerja pemasaran usaha konveksi di Desa Sampora, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan bisa dikatakan masih belum optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengukur seberapa besar pengaruh digital marketing terhadap kinerja pemasaran melalui intellectual capital. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan kuesioner dalam menggumpulkan data. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling yang menghasilkan sampel sebanyak 100 sampel. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis jalur (path analysis) dan uji sobel (sobel test). Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) digital marketing tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran (2) digital marketing berpengaruh signifikan terhadap intellectual capital (3) intellectual capital berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran (4) digital marketing tidak berpengaruh secara tidak langsung terhadap kinerja pemasaran melalui intellectual capital. Kata Kunci: Digital Marketing, Intellectual Capital, Kinerja Pemasaran

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 08 Mar 2024 02:14
Last Modified: 08 Mar 2024 02:15
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12836

Actions (login required)

View Item View Item