EEfektivitas Pembiayaan Sistem Grameen Bank Terhadap Peningkatan Pendapatan Nasabah (Study Kasus Pada Yayasan Mitra Dhu'afa Cabang Bogor)

Siti Yohana, (2008) EEfektivitas Pembiayaan Sistem Grameen Bank Terhadap Peningkatan Pendapatan Nasabah (Study Kasus Pada Yayasan Mitra Dhu'afa Cabang Bogor). Bachelor thesis, S1-EPI STAIN Cirebon.

[img]
Preview
Text
SITI YOHANA_EPI SYARIAH_50230082_Awalan.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SITI YOHANA_EPI SYARIAH_50230082_BAB I.pdf

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SITI YOHANA_EPI SYARIAH_50230082_BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SITI YOHANA_EPI SYARIAH_50230082_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai efektivitas penerapan pembiayaan sistem Grameen Bank terhadap peningkatan pendapatan nasabah. Hal ini berangkat dari asumsi bahwa pihak Yayasan Mitra Dhu'afa (YAMIDA) menyatakan pembiayaan mikro merupakan alat utama dalam mengentaskan kemiskinan. Tetapi, karena persoalan ekonomi merupakan masalah sosial, yang tidak seratus persen benar, maka perlu ada penelitian untuk melihat sejauhmana pembiayaan mikro dapat mengentaskan kemiskinan. Tujuan penelitian ini adalatr untuk mengetahui penerapan pembiayaan sistem Grameen Bank pada YAMIDA, untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang melatarbelakangi peningkatan pendapatan nasabah, serta untuk mengetahui seberapa besar efektifitas pembiayaan sistem Grameen Bank terhadap peningkatan pendapatan nasabah. Penelitian ini dilakukan di Yayasan Mitra Dhu'afa (YAMIDA) cabang Bogor dengan metode penelitian deskriptif analisis, dimana tahnik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara (angket) kepada 70 nasabah. Data yang terkumpul dianalisis melalui pendekatan kualitatif. Untuk mengukur keeratan hubungan antara pembiayaan sistem Grameen Bank dengan peningkatan pendapatan nasabah, menggunak xr produk moment dan koefisien determinasi. Dari penelitian ini ditemukan bahwa penerapan pembiayaan sistem Grameen Bank terhadap peningkatan pendapatan nasabah di YAMIDA cabang Bogor sudah efektif diterapkan. Hal ini bisa dilihat dari perhitungan korelasi product moment yang menunjukkan bahwa r r:0.641yang disubtitusikan ke dalam rumus uji t, diperoleh t h,*ns : 6.894 ) t nb,r: 2.000, dari hasil uji statistik tersebut menunjukkan bahwa sistem Grameen Bank berpengaruh dalam peningkatan pendapatan nasabah. Selain itu, dari hasil anget angket yang menunjukkan sebagian besar 89,34 % dari 70 responden mengatakan bahwa sistem tersebut dapat membantu meningkatkan perekonomian nasabah. Rata-rata peningkatan pendapatan nasabah bervariasi mulai dari 8% - 500% setelah diberi prnjarnan modal oleh YAMIDA (Yayasan Mitra Dhu'afa). Faktor-faktor nasabah menjadi sejahtera baik dari falrtor intemai (YAMIDA) sendiri adalah adanyapelatihan organisasi dan pembukuan (accounting). Peningkatan pendapatan dan kesejahteran ini, kernungkinan juga dipengaruhi oleh faktor selain pembiayaan mikro yang diberikan YAMIDA (Yayasan Mitra Dhu'afa) seperti penghasilan suami, bantuan tunjangan dari pemerintah, dan ada keluarganyayatgmenjadi TKI di luar negeri.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 18 Mar 2024 05:56
Last Modified: 18 Mar 2024 05:56
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12916

Actions (login required)

View Item View Item