Pengaruh Pengasuhan Anak Oleh baby Sitter Terhadap Perilaku Anak Usia 8 - 10 Tahun di Komplek Villa Intan Desa Klayan Kecamatan Cirebon Utara Kabupaten Cirebon

Sulastri Widyaningsih, (2006) Pengaruh Pengasuhan Anak Oleh baby Sitter Terhadap Perilaku Anak Usia 8 - 10 Tahun di Komplek Villa Intan Desa Klayan Kecamatan Cirebon Utara Kabupaten Cirebon. Other thesis, S1 - Ilmu Pengetahuan Sosial.

[img]
Preview
Text
1. SULASTRI WIDYANINGSIH_Awalan.pdf

Download (14MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. SULASTRI WIDYANINGSIH_BAB I.pdf

Download (19MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. SULASTRI WIDYANINGSIH_BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. SULASTRI WIDYANINGSIH_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan kemajuan zaman yang disertai dengan berkembangnya konsep jender dan emansipasi wanita, saat ini terbentuk sebuah pandangan sudah tidak jamannya lagi kaum hawa atau ibu-ibu yang bertugas hanya mengasuh anak dan mengurus rumah. tetapi mereka mengejar kesetaraan dan kesejajaran dalam setiap sisi kehidupannya dengan kaum laki-laki. Imbas dari itu semua, tidak jarang anak yang menjadi korban. Belaian mesra penuh perhatian dan kasih sayang yang semestinya didapatkan oleh anak kini tidak lagi mereka dapatkan. Sebagian orang tua yang memiliki aktivitas padat menyerahkan pengasuhan anak kepada orang lain atau yang dikenal dengan baby sitter. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai pengaruh bimbingan atau asuhan yang dilakukan oleh orang tua dan oleh babby sitter terhadap pola perilaku anak di Perumahan Villa Intan, Desa Klayan. Kabupaten Cirebon. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa produksi mated dan kegiatan-kegiatan tcrkait, laki-laki memang tepat menjadi pelopornya. Tetapi dalam asih-asuh untuk membina kehidupan anak-anak yang masih sangat peka dan membimbing mereka sampai dewasa, kemanapun kaum ibu rasanya tidak tertandingi. Mungkin karena kaum ibu pada umumnya bersedia memberikannya dengan kasih sayang. Ungkapan lama mengatakan anak adalah cermin ibunya. Anak santun dan adab datang dari ibu yang santun dan adab pula. Untuk itu, maka pengasuhan anak oleh ibunya sendiri menjadi sangat urgen untuk dilakukan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, studi dokumentasi dan penyebaran angket untuk memperoleh data yang otentik. Penelitian ini juga mengambil 62 orang responden untuk dijadikan sampel. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan tcknik korelasi "r" product moment. Dad hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh korelasi atau hubungan antara anak yang diasuh oleh ibunya sendiri dengan anak yang diasuh oleh bobby sitter terhadap perilaku anak yaitu sebesar 78 % yang termasuk korclasi cukup tinggi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 18 Mar 2024 07:48
Last Modified: 18 Mar 2024 07:48
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12936

Actions (login required)

View Item View Item