Implementasi Pengelolaan Modal Koperasi dan Pengaruhnya Terhadap Profitabilitas (Penelitian pada Koperasi Karyawan "Harapan Sejahtera" STAIN Cirebon)

Erik Arip Rahman, (2006) Implementasi Pengelolaan Modal Koperasi dan Pengaruhnya Terhadap Profitabilitas (Penelitian pada Koperasi Karyawan "Harapan Sejahtera" STAIN Cirebon). Bachelor thesis, S1 - EKONOMI SYARIAH IAIN SYEKH NURJATI.

[img] Text
1. ERIK ARIP RAHMAN_Awalan.pdf

Download (19MB)
[img] Text
2. ERIK ARIP RAHMAN_BAB I.pdf

Download (18MB)
[img] Text
6. ERIK ARIP RAHMAN_BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. ERIK ARIP RAHMAN_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Koperasi merupakan salah satu lembaga perekonomian yang memiliki ciri khan tersendiri. Ciri yang membedakan antara koperasi dengan Badan Usaha bukan koperasi adalah terletak pada "Kriteri Identitas" antara pemilik dan pengguna (consumer). Pemilik dan pengguna jasa koperasi adalah orang yang sama, atau dengan kata lain status anggota koperasi adalah ganda. Untuk menjaga kelangsungan hidup sebuah koperasi diperlukan modal. Modal koperasi terdiri dari Modal Sendiri yang berasal dari Simpana Wajib, Simpanan Pokok, Cadangan dan Hibah, sedangkan Modal Pinjaman berasal dari Simpanan Sukarela, Pinjaman dari luar anggota ataupun pihak lain serta penyertaan. Besar kecilnya modal koperasi tergantung pada jumlah anggota dan kemampuan koperasi untuk mendapatkan bantuan permodalan dari luar anggota/ pihak lain. Pengelolaan modal yang dilakukan secara efektif akan memberikan dampak yang positif tcrhadap profitabilitas/ SHU. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan pengelolaan permodalan koperasi, baik itu Modal Sendiri ataupun Modal Pinjaman, kemudian untuk mengetahui gambaran profitabilitas koperasi serta untuk mengetahui gambaran pengaruh pengelolaan modal koperasi terhadap profitabilitas/ SHU. Objek pada penelitian ini adalah pada Koperasi Karyawan "Harapan Sejahtera" STAIN Cirebon, yang lokasinya berada di Kampus STAIN Cirebon, JI. Perjuangan By Pas Sunyaragi Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan cksperimen dengan teknik dokumentasi, wawancara dan observasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengelolaan modal koperasi yang dilakukan secara efektif terhadap profitabilitas.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 20 Mar 2024 05:15
Last Modified: 20 Mar 2024 05:15
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12943

Actions (login required)

View Item View Item