AKTUALISASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KULTUR SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN IPS DI MTS AL BANNAA

Gita Rahmawati, GR and Etty Ratnawati, ER and Yeti Nurizzati, YN (2023) AKTUALISASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KULTUR SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN IPS DI MTS AL BANNAA. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 2 (4). pp. 353-361. ISSN 2828-4763

[img] Text
1610

Download (3kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat aktualisasi pendidikan karakter, respon peserta didik, faktor penghambat dalam mengaktualisasikan pendidikan karakter berasis kultur sekolah di MTs Al Bannaa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Subjek penelitian ini wakil kepala bidang kesiswaan, guru IPS, dan siswa kelas VII-VIII. Teknik analisis data melalui beberapa data yaitu reduksi, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktualisasi pendidikan karakter berbasis kultur sekolah di MTs Al Bannaa yaitu kurang baik, hal ini dapat dilihat dari respon siswa pada saat penerapan pendidikan karakter berbasis kultur sekolah, dan minat belajar yang rendah. Faktor penghambat aktualisasi pendidikan karakter ini diantaranya: faktor diri sendiri, keluarga, lingkungan sekolah, dan faktor pendidik. Kesimpulan penelitian ini adalah aktualisasi pendidikan karakter berbasis kultur sekolah di MTs Al Bannaa adalah sangat kurang hal ini dilihhat dari respon peserta didik, dan peran guru IPS yang kurang, selain itu adanya faktor eksternal. Kata-Kata Kunci: Aktualisasi; Kultur; IPS

[error in script]
Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Date Deposited: 02 Apr 2024 07:41
Last Modified: 02 Apr 2024 07:41
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13010

Actions (login required)

View Item View Item