STRATEGI PENYELESAIAN PEMBIAYAAN MURABAHAH BERMASALAH PERSPEKTIF PERATURAN BANK INDONESIA NOMOR 13/9/PBI/2011 (Studi di BMT NU Sejahtera KC Astanajapura)

Widia Astuti, (2024) STRATEGI PENYELESAIAN PEMBIAYAAN MURABAHAH BERMASALAH PERSPEKTIF PERATURAN BANK INDONESIA NOMOR 13/9/PBI/2011 (Studi di BMT NU Sejahtera KC Astanajapura). Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008203065_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008203065_2_bab1.pdf

Download (379kB)
[img] Text
2008203065_6_bab5.pdf

Download (281kB)
[img] Text
2008203065_7_dafpus.pdf

Download (237kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur penyaluran pembiayaan murabahah, untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya pembiayaan murabahah bermasalah, serta untuk mengetahui strategi penyelesaian pembiayaan murabahah bermasalah pada produk pembiayaan murabahah di BMT NU Sejahtera KC Astanajapura. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian analisis deskriptif, jenis penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa prosedur penyaluran pembiayaan murabahah di BMT NU Sejahtera KC Astanajapura sendiri sudah dilaksanakan dengan cukup baik. Pada penyaluran pembiayaan BMT sudah sesuai yang dilakukan bank syariah pada umumnya dengan menggunakan prinsip kehati-hatian. Faktor penyebab pembiayaan murabahah bermasalah di BMT NU Sejahtera KC Astanajapura berasal dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal merupakan penyebab pembiayaan bermasalah yang berasal dari dalam BMT dan faktor eksternal merupakan penyebab pembiayaan bermasalah yang berasal dari nasabah. Strategi penyelesaian pembiayaan murabahah di BMT NU Sejahtera KC Astanajapura yaitu dengan penyuratan terhadap nasabah (pemberian SP I sampai III), musyawarah/kekeluargaan, restrukturisasi pembiayaan yaitu dengan rescheduling, reconditioning, restructuring, sesuai dengan Peraturan Bank Indonesia No:13/9/PBI/2011 tentang Restrukturisasi Pembiayaan Bank Syariah Dan Unit Usaha Syariah, dan yang terakhir lelang. Kata Kunci: Strategi, Pembiayaan Murabahah, Pembiayaan Bermasalah

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 30 Apr 2024 04:28
Last Modified: 30 Apr 2024 04:28
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13048

Actions (login required)

View Item View Item