Deviyani Rahayu, (2024) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah Pada Pegadaian Syariah UPS Cikijing. Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.
Text
2008203058_1_cover.pdf Download (959kB) |
|
Text
2008203058_2_bab1.pdf Download (251kB) |
|
Text
2008203058_6_bab5.pdf Download (222kB) |
|
Text
2008203058_7_dafpus.pdf Download (299kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada Pegadaian Syariah UPS Cikijing, pengaruh kepercayaan terhadap kepuasan nasabah pada Pegadaian Syariah UPS Cikijing, pengaruh lokasi terhadap kepuasan nasabah pada Pegadaian Syariah UPS Cikijing, dan pengaruh kualitas pelayanan, kepercayaan, dan lokasi secara simultan terhadap kepuasan nasabah pada Pegadaian Syariah UPS Cikijing. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah Pegadaian Syariah UPS Cikijing yang berjumlah 1.600 nasabah. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 94 responden yang ditentukan berdasarkan rumus slovin dan metode penarikan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Pengukuran yang diterapkan dalam penelitian ini menggunakan skala likert. Data diolah dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic 26. Hasil dari penelitian ini bahwa kualitas pelayanan secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah pada Pegadaian Syariah UPS Cikijing dengan nilai thitung (7,164) > ttabel (1,98667) dan memiliki nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kepercayaan secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah pada Pegadaian Syariah UPS Cikijing dengan nilai thitung (2,170) > ttabel (1,98667) dan memiliki nilai signifikansi 0,033 < 0,05. Lokasi secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah pada Pegadaian Syariah UPS Cikijing dengan nilai thitung (2,033) > ttabel (1,98667) dan memiliki nilai signifikansi 0,045 < 0,05. Secara simultan kualitas pelayanan, kepercayaan, dan lokasi bersama-sama mempengaruhi kepuasan nasabah pada Pegadaian Syariah UPS Cikijing dengan kontribusi sebesar 41,7%, sedangkan sisanya 58,3% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Lokasi, Kepuasan Nasabah.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 04:32 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 04:32 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13049 |
Actions (login required)
View Item |