Implementasi Kewajiban Alimentasi Anak Terhadap Orang Tua Lanjut Usia Yang Terlantar Di Panti Jompo Wreda Hasanah Kesambi Menurut Undang Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan

Zaidan Ainul Muchlasin, (2024) Implementasi Kewajiban Alimentasi Anak Terhadap Orang Tua Lanjut Usia Yang Terlantar Di Panti Jompo Wreda Hasanah Kesambi Menurut Undang Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan. Bachelor thesis, S1 Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syahsyiyyah) IAIN SNJ.

[img] Text
2008201094_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2008201094_2_bab1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2008201094_6_bab5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2008201094_7_dafpus.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kewajiban alimentasi adalah hubungan timbal balik antara saling memberi dan menerima antara orang tua dan anak, di mana orang tua memberikan dukungan finansial kepada anak mereka, sementara anak memiliki tanggung jawab untuk merawat dan menjaga kesejahteraan orang tua mereka saat tua , baik secara materi maupun emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor faktor apa saja yang menyebabkan seorang orang tua dititipkan di panti jompo dan untuk mengetahui akibat hukum dari segi Undang-Undang No 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan dan hukum Islam dalam hak alimentasi anak terhadap orang tua yang telantar di Panti Jompo Wreda Khasanah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan yuridis sosiologis dan studi kasus yang dimaksudkan berdasarkan ketentuan-ketentuan perundang-undangan yang berlaku dikaitkan dengan teori hukum serta melihat realita yang terjadi di lapangan yaitu berkaitan dengan penelataran atau pengabaian hak alimentasi anak terhadap orang tua. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa, Pertama, Implementasi kewajiban alimentasi anak terhadap orang tua belum terpenuhinya secara utuh tetapi ada juga yang sudah memenuhi hanya saja tidak teratur mungkin adanya faktor kesibukan dan kurang mampu seorang anak untuk pemberian nafkah. Dari ketiga lansia yang diwawancarai ada dua yang memenuhi tetapi itu juga tidak teratur dan tidak sering, dan satunya tidak memenuhi kewajiban alimentasi anak terhadap orang tua. Hal ini terjadi karena anak tidak sadar dalam merawat dan memberikan kasih sayang kepada orang tuanya sendiri. Beberapa perubahan pola perilaku anak dalam hubungannya dengan nilai, struktur dan budaya keluarga telah mengalihkan perhatian anak kepada orang tua yang lebih tua. Kedua, Dalam Undang-Undang No 1 Tahun 1974 tentang perkawinan pasal 46 ayat 1 dan 2 mengatur kalau anak wajib memelihara orang tua hanya saja di Undang-Undang tersebut tidak menyantumkan konsekuensinya jika melanggar, maka dapat disimpulkan dalam kasus ini menurut undang-undang memang terbukti melanggar tetapi jika orang tua tersebut memang legowo dititipkan di panti jompo atau tidak merasa sakit hati maka sah-sah saja, terkecuali memang orang tua tersebut merasa tidak terima maka bisa melakukan tuntutan terhadap seorang anak karena sudah melakukan kasus penelantaran. Kata kunci: Kewajiban Alimentasi, Penelantaran, Orang tua.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syahsyiyyah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 07 May 2024 02:11
Last Modified: 07 May 2024 02:12
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13085

Actions (login required)

View Item View Item