KEWAJIBAN ORANG TUA DALAM PENGASUHAN ANAK PADA KELUARGA TENAGA KERJA WANITA (TKW) PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus Di Desa Cilalawi Kecamatan Sukatani Kabupaten Purwakarta Jawa Barat)

Rohmat Kurnia, (2024) KEWAJIBAN ORANG TUA DALAM PENGASUHAN ANAK PADA KELUARGA TENAGA KERJA WANITA (TKW) PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus Di Desa Cilalawi Kecamatan Sukatani Kabupaten Purwakarta Jawa Barat). Bachelor thesis, S1 Hukum Keluarga IAIN SNJ.

[img] Text
2008201084_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008201084_2_bab1.pdf

Download (448kB)
[img] Text
2008201084_6_bab5.pdf

Download (295kB)
[img] Text
2008201084_7_dafpus.pdf

Download (234kB)

Abstract

Fenomena yang terjadi pada masa sekarang tidak sedikit perempuan saat ini turut bekerja untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga karena tuntutan ekonomi yang semakin hari semakin meningkat. Tindakan yang dilakukan oleh seorang istri atau seorang ibu yang memutuskan bekerja di luar negeri menjadi TKW berdampak pada keluarga yang ditinggalkan maupun kehidupan sosial di masyarakat. Keputusan bekerja menjadi TKW selalu berkaitan dengan beberapa persoalan dan konsekuensi atas pilihan tersebut. Seorang istri atau seorang ibu yang meninggalkan keluarganya untuk menjadi TKW mengalami perubahan dalam keluarganya, baik dari peran fungsi maupun tanggung jawab dalam keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk: Pertama, mengetahui kewajiban orang tua dalam pengasuhan anak dalam hukum Islam. Kedua, mengetahui bagaimana penerapan kewajiban orang tua dalam pengasuhan anak pada keluarga TKW di Desa Cilalawi Kecamatan Sukatani Kabupaten Purwakarta. Ketiga, mengetahui bagaimana tinjauan hukum Islam atas pelaksanaan kewajiban orang tua dalam keluarga TKW di Desa Cilalawi Kecamatan Sukatani Kabupaten Purwakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer dilakukan dilakukan melalui wawancara dengan istri mantan TKW dan anggota keluarga (suami) yang istrinya menjadi TKW ke luar negeri. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah dengan metode kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa, Pertama, kewajiban orang tua dalam pengasuhan anak yaitu memberikan nasab, memberikan Susu (rada‟ah), memberikan pengasuhan, memberikan nafkah dan nutrisi yang baik, memberikan pendidikan, memperlakukan adil terhadap anak, dan memberikan kasih sayang. Kedua, kewajiban orang tua dalam pengasuhan anak pada keluarga TKW di Desa Cilalawi Kecamatan Sukatani Kabupaten Purwakarta sudah terpenuhi sesuai dengan perspektif hukum Islam. Ketiga, Berdasarkan hasil penelitian, atas pelaksanaan kewajiban orang tua dalam keluarga TKW di Desa Cilalawi Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta bahwa diantara ketujuh kewajiban orang tua terhadap anak terdapat salah satu yang tidak terpenuhi, yaitu dalam memberikan nafkah belum terpenuhi dari seorang suami (ayah). Selain itu, peran istri juga telah berubah menjadi pekerja untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. Menurut hukum Islam, perempuan (istri) yang bekerja mencari nafkah di Desa Cilalawi Kecamatan Sukatani Kabupaten Purwakarta hukumnya sah/mubah, karena mereka (istri) yang bekerja di luar negeri atas izin dari suami. Kata Kunci: Kewajiban Orang Tua, Pengasuhan, dan Tenaga Kerja Wanita (TKW)

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syahsyiyyah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 07 May 2024 03:54
Last Modified: 07 May 2024 03:54
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13089

Actions (login required)

View Item View Item