PEMAHAMAN SUAMI TERHADAP SHIGAT TAKLIK TALAK DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA YANG SAKINAH MAWADDAH DAN WAROHMAH ( Studi Kasus di Kelurahan Sukapura, Kecamatan Kejaksan Kota Cirebon )

Mohamad Fajar Hidayat, (2024) PEMAHAMAN SUAMI TERHADAP SHIGAT TAKLIK TALAK DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA YANG SAKINAH MAWADDAH DAN WAROHMAH ( Studi Kasus di Kelurahan Sukapura, Kecamatan Kejaksan Kota Cirebon ). Bachelor thesis, S1 Hukum Keluarga IAIN SNJ.

[img] Text
2008201014_1_cover.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2008201014_2_bab1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008201014_6_bab5.pdf

Download (881kB)
[img] Text
2008201014_7_dafpus.pdf

Download (896kB)

Abstract

Taqlik talak pada dasarnya merupakan adat kebiasaan turun temurun, hal ini menjadi bukti bahwa peran dari hukum adat dan hukum islam mempengaruhi proses legilasi hukum, terutama Hukum Keluarga di Indonesia. Demi menjaga keseimbangan antara hak talak yang diberikan secara mutlak kepada suami dengan perlindungan terhadap istri dari perbuatan kesewenangan suami, maka biasanya saat pelaksanaan akad nikah, setelah pengucapan ijab qabul dilanjutkan dengan pembacaan sighat taklik talak oleh suami, Harapannya atas shigat taklik talak yaitu adanya sosialisasi yang diharapkan muncul pemahaman yang benar dan lengkap tentang konsep taklik talak dan/atau perjanjian perkawinan. Dengan pemahaman yang benar dan lengkap ini pada gilirannya diharapkan dapat digunakan secara benar dan tepat. Sebagaimana diketahui, bahwa realitanya pada zaman sekarang ini tidak tau bahwasannya apakah pemahaman suami atas sighat taklik itu dapat mengurangi adanya perceraian khususnya di Kelurahan Sukapura Kecamatan Kejaksan Kota Cirebon, tentunya hal ini sangat menarik untuk dapat di kemukakan mengenai pemahaman suami terhadap shigat taklik talak dalam mewujudkan keluarga Sakinah mawadah dan warahmah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana tujuan Taklik talak menurut Kompilasi Hukum Islam, kemudian mengenai Bagaimana Korelasi Taklik Talak dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah Mawadah dan Warahmah serta apa saja factor penghambat dan pendukung bagi suami dalam memahami taklik Talak di Kelurahan Sukapura Kecamatan Kejaksan Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif , data di peroleh dengan cara melakukan interview (wawancara), Observasi, dokumentasi yang selanjutnya di analisis dengan metode deskriptif Adapun hasil dari penelitian ini adalah di dalam pasal 3 KHI mengenai tujuan taklik talak memandang bahwasanya Tujuan Pernikahan ialah untuk Menjadikan Keluarga yang Sakinah Mawadah dan Warahmah ,Korelasi antara taklik talak dengan keluarga Sakinah mawadah dan warahmah tentu saling keterkaitan keduanya, karena peran dari keduanya ialah untuk melindungi istri dari perbuatan suami yang sewenang wenang/ perilaku tidak baik, serta pemahaman taklik talak di kelurahan sukapura memandang bahwa para suami memiliki sudut pandang yang berbeda beda mengenai pemahaman taklik talak, Adapun faktor pendukung bagi suami dalam memahami taklik talak yaitu dengan cara memposisikanj diri sebagai suami dalam menjalankan setiap kewajiban di dalam rumah tangganya. Kata Kunci :Pemahaman Suami, Keluarga Sakinah mawadah warahmah

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syahsyiyyah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 07 May 2024 07:54
Last Modified: 07 May 2024 07:54
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13098

Actions (login required)

View Item View Item