Pendapat Tokoh Masyarakat Desa Pengauban Kecamatan Lelea Terhadap Hukum Waris Islam Dan Hukum Waris Adat Serta Dampaknya Bagi Kerukunan Keluarga

Shohifah, (2024) Pendapat Tokoh Masyarakat Desa Pengauban Kecamatan Lelea Terhadap Hukum Waris Islam Dan Hukum Waris Adat Serta Dampaknya Bagi Kerukunan Keluarga. UNSPECIFIED thesis, S1 Hukum Keluarga IAIN SNJ.

[img] Text
2008201141_1_cover.pdf

Download (936kB)
[img] Text
2008201141_2_bab1.pdf

Download (356kB)
[img] Text
2008201141_6_bab5.pdf

Download (181kB)
[img] Text
2008201141_7_dafpus.pdf

Download (255kB)

Abstract

Hukum kewarisan adalah hal yang penting dalam hukum Islam. Karena hal ini berkaitan dengan ilmu harta benda dan cara pembagiannya. Harta benda adalah hal yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Di Desa Pengauban Kecamatan Lelea Kabupaten Indramayu masih sering terjadi konflik antar keluarga yang dilatar belakangi oleh harta khususnya harta warisan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari rumusan masalah: “Pembagian Waris Adat di Desa Pengauban Kecamatan Lelea” “Waris Islam dan Waris adat Desa pengauban Kecamatan Lelea Berdampak pada kerukunan Keluarga menurut Perspektif Tokoh Masyarakat Setempat”. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu peneltian yang berdasarkan dari sumber asli, baik secara testual maupun non tekstual. Adapun hasil dari penelitian ini: Cara pembagian warisan di Desa Pengauban menggunakan metode pembagian warisan yang pada umumnya merata atas dasar sifat kemanusiaan. Pembagian warisan ini turun temurun dari nenek moyang dan menjadi kebiasaan warga Desa Pengauban tidak meggunakan pembagian warisan atas syariat Islam sebab menggunakan warisan nenek moyang untuk mengantisipasi terjadinya konflik atau perpecahan antar keluarga, meskipun masyarakat Desa Pengauban mayoritas nya beragaman Islam, mereka menganggap hukum Islam itu rumit sehingga mereka lebih memilih menggunakan pembagian warisan dengan cara bermusyawarah. Kata Kunci: Pembagian, Warisan, Hukum Waris Islam, Hukum Waris Adat.

[error in script]
Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syahsyiyyah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 07 May 2024 08:56
Last Modified: 07 May 2024 08:56
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13100

Actions (login required)

View Item View Item