Neni Hani Patul Pikri, (2024) Analisis Penerapan Total Quality Management Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Pada Bank Muamalat KCP Majalengka. Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.
Text
2008203094_1_cover.pdf Download (881kB) |
|
Text
2008203094_2_bab1.pdf Download (509kB) |
|
Text
2008203094_6_bab5.pdf Download (139kB) |
|
Text
2008203094_7_dafpus.pdf Download (295kB) |
Abstract
Dalam era persaingan global, perusahaan dituntut untuk meningkatkan kualitas pelayanan guna menarik lebih banyak pelanggan. Dalam menghadapi kompleksitas permasalahan ekonomi global, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) menjadi krusial bagi perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Konsep Total Quality Management (TQM) muncul sebagai strategi yang efektif, fokus pada kepuasan pelanggan, penghargaan terhadap individu, manajemen berdasarkan fakta, dan perbaikan berkelanjutan. Penerapan TQM di Bank Muamalat KCP Majalengka menjadi studi kasus, dengan perhatian khusus pada diversitas latar belakang pendidikan karyawan. Meskipun demikian, perusahaan menekankan pentingnya pelatihan dan pengembangan sebagai langkah untuk meningkatkan kualitas SDM. Penelitian ini menyelidiki bagaimana TQM dapat menjadi alat efektif dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya di sektor perbankan syariah, dan menggambarkan tantangan serta potensi dampaknya dalam konteks Bank Muamalat KCP Majalengka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep dan penerapan Total Quality anagement di Bank Muamalat KCP Majalengka, efektivitas Total Quality Management untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Bank Muamalat KCP Majalengka serta hambatan yang dihadapi oleh Bank Muamalat KCP Majalengka dalam penerapan Total Quality Management. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dimana sumber data didapatkan dari data primer dan data sekunder yang merupakan hasil dari observasi, wawancara, serta dokumentasi, Hasil dari penelitian ini bahwa penerapan Total Quality Management di Bank Muamalat KCP Majalengka membawa dampak positif terhadap kinerja, fokus pada pelanggan, obsesi terhadap kualitas, pendekatan ilmiah, komitmen jangka panjang, dan kerjasama tim. Peningkatan kualitas SDM juga terjadi melalui analisis pengaruh TQM, proses rekruitmen, pelatihan, dan penilaian kinerja. Meskipun ada hambatan, upaya berkelanjutan dalam mengatasi kendala tersebut dapat memperkuat implementasi TQM dan meningkatkan kualitas layanan perbankan. Kata Kunci: Total Quality Management, Sumber Daya Manusia dan Perbankan Syariah
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 08 May 2024 07:33 |
Last Modified: | 08 May 2024 07:33 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13117 |
Actions (login required)
View Item |