UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI METODE DEMONSTRASI SUB POKOK PESAWAT SEDERHANA DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH AL-WASHLIYAH PERBUTULAN KECAMATAN SUMBER KABUPATEN CIREBON

Apip Abdullah, (2012) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI METODE DEMONSTRASI SUB POKOK PESAWAT SEDERHANA DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH AL-WASHLIYAH PERBUTULAN KECAMATAN SUMBER KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ApipABDULLAH_58471291__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Apip Abdullah NIP 58471291. UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SUB POKOK PESAWAT SEDERHANA DI MI AL-WASHLIYAH PERBUTULAN KECAMATAN SUMBER KABUPATEN CIREBON.Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Institut Agama Islam Negeri, Juli 2012. Proses pembelajaran IlmuPengetahuanAlam yang terjadi saat ini masih kurang menekankan pada proses pembelajaran yang mengaktifkan siswa. Guru masih memegang peranan yang dominan dalam kelas, pembelajaran tidak bersifat pengetahuan dari guru bukan pemahaman. Keaktifan bertanya tidak didorong oleh guru serta belum dihadirkannya model (contoh) untuk membantu siswa agar berfikir secara kritis.Beranjak dari kondisi yang telah diuraikan, terdapat suatu masalah tentang bagaimana penerapan proses pembelajaran yang cocok untuk dikembangkan guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data tentang penggunaan metodedemonstrasidalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmupengetahuanalammateripesawatsederhanadi kelas V MI Al- WashliyahPerbutulanKecamatanSumberKabupaten Cirebon.Model penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berusaha mengkaji dan merefleksi secara kolaboratif suatu pendekatan pembelajaran guna meningkatkan proses dan produk pembelajaran di kelas. Metode pembelajaran demonstrasitujuan dari penerapan metode ini adalah agar siswa memiliki aktivitas belajar yang tinggi melalui desain pembelajaran yang kooperatif dan kondusif serta partisipatif sehingga mereka akhirnya dapat menguasai materi pelajaran dengan baik. Pembelajaranmetodeadalah pembelajaran yang membantu guru dalam mengaitkan materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan penerapan metodedemonstrasidikategorikan baik. Dapat dilihat dari hasil observasi (pengamatan) selama pembelajaran dari sprestest sampai siklus II semakin meningkat. Prestestdengan rata-rata 54. Pada siklus I dengan rata-rata 60. siklus IIrata-rata mencapai 74. Begitu juga dengan ketuntasan belajar pada prestest mencapai 56%, ketuntasan belajar siklus I mencapai 60%, dan ketuntasan belajar siklus II mencapai 90%. Dari prestest sampai dengan siklus II selalu mengalami peningkatan. Hal ini berarti adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan metodedemonstrasikompetensipesawatsederhana. Bahwasannya penggunaan metode demonstrasi pada pembelajaran IPA materipesawatsederhana di kelas V MI Al-Washliya Perbutulan Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon berpengaruh sangat baik terhadap hasil belajar siswa, hal ini dapat di buktikan dari hasil belajar siswa yang meningkat pada setiap siklusnya

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 23 Mar 2017 06:37
Last Modified: 06 Jun 2017 02:00
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1326

Actions (login required)

View Item View Item